Nasional

Solusi Konkret Menteri Nadiem soal Learning Loss Belum Terlihat

Anggota Komisi X DPR RI Ferdiansyah menyampaikan bahwa saat ini belum ada kebijakan khusus untuk menanggulangi learning loss. (Istimewa)

batampos.id – Anggota Komisi X DPR RI Ferdiansyah menyampaikan bahwa saat ini belum ada kebijakan khusus untuk menanggulangi learning loss. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) pun diminta mencari solusi atas kondisi ini.

“Satu hal yang belum diberikan Kemendikbudristek adalah solusi terhadap pelajar yang terdampak learning loss,” ujar Ferdiansyah dalam siaran YouTube Vox Populi Indonesia dikutip, Senin (4/10).

Dikatakan juga olehnya, learning loss terjadi akibat konsep pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang minim persiapan. PJJ ini memang hadir sebagai alternatif, namun sangat disayangkan belum matang.

“Apalagi program ini mungkin belum sesuai dengan kondisi yang ada di Indonesia,” tuturnya.

Selain itu, Ferdiansyah pun heran ketika Kemendikbudristek tetap melanjutkan Asesmen Nasional (AN). Sebab dikatakan bahwa AN sebagai salah satu solusi dari learning loss.

“Lagi-lagi apa kaitannya dengan learning loss. Ini jadi pertanyaan,” sebutnya.

Menurutnya, AN tidak akan memberikan pengaruh untuk mengurangi learning loss. Sebab, AN berfungsi hanya untuk evalusasi sistem pendidikan di masing-masing wilayah saja.

“Tapi, biar enggak mubazir saya harap AN punya instrumen untuk memetakan, punya data dimana saja, di jenjang mana dan di kelas berapa saja ada learning loss,” pungkas Ferdiansyah.  (*)

Reporter: JP Group
Editor : Jamil