Bintan-Pinang

Tanjungpinang Masuk PPKM Level I

Vaksinasi warga di Tanjungpinang belum lama ini. F. Peri Irawan

batampos.id– Berdasarkan hasil assesmen Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI Kota Tanjungpinang akan masuk ke Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level I. Meski demikian, Satuan Tugas (Satgas) covid-19 Kota Tanjungpinang masih menunggu pengumuman resmi yang akan disampaikan pada Senin (4/10).

BACA JUGA: Status PPKM Kepri Sudah Level 2

Wali Kota Tanjungpinang, Rahma mengatakan pihaknya menunggu pengumuman resmi, sebelumnya pernyataan PPKM level I hanya berdasarkan hasil assesmen Kemenkes RI. “Pengumuman resmi hari ini kita tunggu sama-sama, kita berdoa agar level I itu benar,” kata Rahma, Senin (4/10).

Jika tercapai level I, kata Rahma itu merupakan prestasi seluruh masyarakat dan petugas yang berjuang selama ini di Tanjungpinang, bahkan sudah bisa dilakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas dengan penerapan protokol kesehatan (Prokes) secara  ketat. “Sekarang ini uji coba, kita berharap bisa berjalan seterusnya, tapi tergantung tingkat kedisiplinan,” ujarnya.

Hal serupa disampaikan Koordinator Lapangan Prokes Satgas Covid-19 Kota Tanjungpinang, Surjadi mengatakan berdasarkan hasil assesmen terakhir memang sudah di level I, tapi pihaknya menunggu Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) terbaru penetapan status kabupaten kota secara nasional. “Kemungkunan malam ini atau besok sudah ada,”kata Surjadi.

Dalam hasil assesmen terdapat trnasmisi komunitas sudah menunjukkan tingkat I yang terdiri atas tingkat kematian, kasus konfirmasi dan bad occupancy ratio (BOR) semuanya berada di tingkat I. Sedangkan kapasitas respon seperti, testing, tracing dan treatmen berada di status memadai. “Kita berharao hasilnya sama dengan assesmen, semoga bisa di level I,” harapnya. (*)

Reporter : Peri Irawan
editor: tunggul