Properti

Rumah Bergaya Modern Kontemporer Jeli Memilih dan Menata Furnitur

ILUSTRASI. Gaya desain interior kontemporer. f. manna.id

batampos.id – Suasana rumah yang nyaman tentu menjadi dambaan setiap orang. Untuk mewujudkannya pun tentu membutuhkan kepiawaian pemilik rumah dalam memilih furnitur. Pasalnya, pemilihan furnitur yang tepat dinilai akan membuat suasana rumah menjadi nyaman.
Nah, salah satu desain furnitur yang sedang tren adalah gaya modern kontemporer. Malahan desain furnitur tersebut dipercaya akan diminati hingga tahun-tahun mendatang.
Pakar Furnitur dari Malinda Furniture Gallery Andy Lim mengungkapkan, furnitur bergaya kontemporer atau modern baik di Amerika dan Eropa menjadi primadona. Tak salah jika masyarakat Indonesia terinspirasi dengan gaya tersebut.
“Untuk Eropa kontemporer bergaya lebih clean dan minimalis sementara Amerika kontemporer simple dan clean namun lebih ada karakter dan personalisasi. Ini yang akan menjadi tren furnitur untuk 5-10 tahun ke depan,” katanya.
Andy menambahkan, tren klasik juga masih ada penikmatnya meski semakin sedikit. Namun begitu, menginginkan desain interior rumah yang terlihat gaya tetap menjadi pertimbangan sang pemilik rumah.
“Untuk memahami teknik desain interior yang tepat, harus terlebih dahulu memahami apa itu desain kontemporer dan modern. Perbanyak cari referensi dan gaya furnitur dari banyak sumber,” jelas Andy Lim.
Dilansir dari WTop, setidaknya ada tujuh cara untuk dapat menggabungkan tren desain rumah kontemporer dan modern agar lebih mudah diaplikasikan di rumah.
1. Bersih
Hindari furnitur dengan gaya yang terlalu rumit. Meskipun tidak sesederhana gaya modern abad pertengahan, tren kontemporer sebaiknya menghindari tampilan yang terlalu rumit. Sebab tamu akan diajak secara alami melihat satu objek di sebuah ruangan.

2. Menggabungkan Gaya
Modern kontemporer akan menggabungkan desain modern abad pertengahan. Bisa menambahkan sentuhan Timur Tengah misalnya menambah aksesori seni grafiti dalam lukisan dan karpet Persia yang unik.

3. Warna Sederhana
Netral adalah skema warna yang cocok untuk desain kontemporer. Sedangkan warna-warna cerah digunakan sebagai aksen. Sebaiknya dinding dan perabot utama dalam ruangan dijaga tetap netral, memungkinkan bantal, selimut, hiasan dinding. Pilihan abu-abu atau krem adalah tepat dan tidak membosankan.
4. Bermain pada Dinding
Dinding bata yang terbuka adalah salah satu desain kontemporer. Atau memilih warna cat bisa disesuaikan dengan desain furniturnya.

BACA JUGA: BTN Siapkan Strategi Jitu, Garap Pasar Rumah untuk Milenial

5. Furnitur
Furnitur kontemporer mengikuti aturan kesederhanaan, tanpa terlalu banyak hiasan. Pilih sofa atau kursi yang membuat keluarga dan teman-teman untuk duduk berjam-jam. Pilihan furnitur yang paling baik bisa memilih warna netral untuk kursi utama, sofa dan meja kopi.

6. Lantai
Karena fokus dari desain kontemporer adalah garis-garis yang bersih dan ruang yang bersih, pilihlah lantau kayu, ubin, atau vinil di yang bersih.

7. Dekorasi Tambahan
Bisa menambahkan aksesori seperti lukisan atau vas bunga serta koleksi barang-barang vintage. Misalnya rak buku atau bahkan pajangan piring akan membuat rumah lebih cantik. (*)

Reporter: JPG Group
Editor: Suprizal Tanjung