Karimun

Tinjau Proses Belajar Tatap Muka, Bupati Karimun Ingatkan Sekolah Tetap Patuhi Protkes

Aunur Rafiq pun berkesempatan langsung meninjau pelaksanaan belajar tatap muka di sejumlah sekolah memastikan setiap sekolah sudah menerapkan protokol kesehatan (prokes).

batampos.id- Proses belajar secara tatap muka terbatas mulai dilaksanakan seluruh sekolah di Kabupaten Karimun, Senin (3/10/2021). Mulai tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, hingga Sekolah Menengah Atas.

BACA JUGA: PTM Terbatas Dilaksanakan, Pemerintah Harus Pastikan Para Siswa Aman

Bupati Karimun, Aunur Rafiq pun berkesempatan langsung meninjau pelaksanaan belajar tatap muka di sejumlah sekolah. Tujuannya untuk memastikan setiap sekolah sudah menerapkan protokol kesehatan (prokes). Baik tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas.

Didampingi Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun, Fajar Horison Abidin, Bupati mendatangi SMP Negeri 1 Tebing. Kepada para guru, Bupati berpesan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, Bupati juga mengingatkan, dan mengajak siswa yang belum vaksin untuk dapat melaksanakan vaksinasi.

“Prokes menjadi hal yang harus diperhatikan setiap sekolah yang menggelar belajar tatap muka. Karena dengan penerapan prokes yang konsisten dapat menghindari tenaga pendidikan serta peserta didik dari penularan virus Corona,” tegas Bupati di sela peninjauan salah satu ruang kelas di SMPN 1 Tebing.

Bupati menilai proses belajar tatap muka yang diterapkan di SMP Negeri 1 Tebing, sudah cukup baik. “Mulai masuk tadi ada pengecek suhu, hand sanitizer. Lalu di dalam lokal duduknya berjarak, kemudian juga siswa yang masuk di batasi menjadi dua ship satu lokal hanya 16 siswa,” bebet Bupati.

Proses belajar mengajar secara tatap muka dilakukan dengan ketentuan pembatasan jam pelajaran. Termasuk pembatasan jumlah siswa dalam kelas.

“Proses balajar mengajar tatap muka secara keseluruhan, sangat berisiko. Jadi kita buka secara bertahap dengan melakukan pembagian dua ship belajar di setiap sekolah,” ujar Bupati. Bupati sangat berharap proses belajar tatap muka dapat berjalan terus. Tentunya disejalankan dengan penurunan angka terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Karimun.

“Yang pasti, pembelajaran tatap muka dengan prokes ketat akan terus kita evaluasi. Jika nanti disalah satu sekolah ada siswa yang positif Covid-19, maka sekolah tersebut akan kita tutup,” tegas Bupati.

Mengenai program vaksinasi siswa di SMPN 1 Tebing, Bupati mengaku cukup bangga. Karena 90 persen dari keseluruhan siswa SMP Negeri 1 Tebing sudah divaksin. “Dengan vaksinasi ini membuat kita aman, maka lingkungan kita aman dan siswa sekolah juga merasakan nyaman,” sambung Bupati. Selain proses belajar tatap muka, Bupati juga meninjau proses Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di SMPN 1 Tebing. (*)

Reporter: Ichwanul F
editor: tunggul