Bintan-Pinang

Tumpukan Sampah dari Perusahaan Terbakar di Lobam

Petugas Damkar Tanjunguban memadamkan tumpukan sampah yang terbakar di jalan Indunsuri, Kelurahan Teluk Lobam, Kecamatan Seri Kuala Lobam, Bintan, terbakar, Senin (4/10) sekira pukul 16.40 WIB. F.Damkar Tanjunguban

batampos.id– Tumpukan sampah yang berada di lokasi pembuangan sampah di jalan Indunsuri, Kelurahan Teluk Lobam, Kecamatan Seri Kuala Lobam, Bintan, terbakar, Senin (4/10) sekira pukul 16.40 WIB.

BACA JUGA: PT Bioworld Biosciences di Kawasan Industri Latrade, Tanjunguncang Terbakar

Kasubbag TU Damkar Tanjunguban, Panyodi mengatakan, yang terbakar adalah tumpukan sampah dari sejumlah perusahaan yang ada di Lobam. “Yang punya lahan PT. SBP, tapi dikelola Bintan Inti,” kata Panyodi.

Panyodi tidak mengetahui asal mula api. Mereka menerima kabar kebakaran dari kepala sekuriti. “Mesin mereka sedang rusak, makanya kami turun membantu memadamkan api,” kata Panyodi.

Panyodi mengakui, mereka menemukan kendala ketika memadamkan api. Soalnya, lokasi kejadian dan sumber air berjarak lebih kurang 1,5 meter.

“Sumber airnya jauh dari lokasi kebakaran sekira 1,5 meter, jadi ambil air harusĀ  ke dalam kawasan,” katanya. Petugas baru berhasil memadamkan kebakaran sekira pukul 18.25 WIB. “Sekira pukul 18.25 WIB kita stop memadamkan api,” katanya.

Dia mengatakan, lahan yang terbakar akibat kejadian ini lebih kurang setengah hektare. Disinggung penyebab kebakaran yang terjadi di tumpukan sampah?

“Kalau dilihat sepertinya ada faktor kelalaian, mungkin ada yang membuang puntung rokok ke tumpukan sampah yang kering,” kata Panyodi menduga. Dia mengimbau masyarakat tidak membuka lahan dengan dibakar dan tidak membuang puntung rokok sembarangan. “Jangan main-main dengan api. Kalau melihat kebakaran, segera menginformasikan ke kami,” tukasnya. (*)

Reporter: SLAMET NOFASUSANTO
editor: tunggul