Covid-19

BP Batam Gelar Vaksinasi Moderna di Asrama Haji

Vaksinator dari Rumah Sakit (RS) BP Batam memberikan suntikan vaksin kepada warga lanjut usia (lansia) di Asrama Haji Batam, Batam Center, Selasa (5/10). ( Humas BP Batam untuk Batam Pos0

batampos.id – Badan Pengusahaan (BP) Batam menggelar acara vaksinasi untuk umum, dalam rangka menyambut Hari Bakti ke-50 tahun BP Batam.

Vaksinasi dilaksanakan di Asrama Haji Batam, Batam Center, sejak Selasa (5/10) hingga Rabu (13/10). Vaksinasi ini menggunakan vaksin Moderna dan dikhususkan dosis pertama untuk usia 18 tahun ke atas.

Vaksinasi ini dilaksanakan bersama dengan Persatuan Istri Karyawan Otorita Batam (PIKORI). Dosis vaksinasi per hari dibatasi hanya 1.000.

Untuk registrasi vaksin, maka harus mendaftar di tautan yang beralamat di https://bit.ly/3l0YxKA. Dalam tautan tersebut, berisi data yang harus diisi oleh masyarakat sebelum mengikuti vaksinasi, seperti nama, nomor telepon, jenis kelamin, nomor e-KTP. Serta ada juga pilihan mengenai tanggal kapan mau divaksin. Masyarakat bisa memilih dari 5 Oktober hingga 13 Oktober.

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, mengatakan bahwa vaksinasi ini bertujuan untuk meningkatkan cakupan vaksinasi di Batam yang saat ini sudah mencapai 83 persen.

Ia juga menuturkan bahwa dengan begitu, maka capaian vaksinasi akan genap 100 persen dalam dua bulan ke depan. ”Sisa 17 persen akan selesai, dan bisa segera dilaporkan ke pemerintah pusat. Baru kemudian bisa dikoordinasikan dengan perwakilan di Singapura (terkait Travel Bubble),” ungkap Rudi saat meninjau acara vaksinasi.

Sementara itu, Wakil Ketua III PIKORI Batam, Nur Indrayati Sudirman, mengatakan, vaksinasi ini merupakan bantuan dari BP Batam dan PIKORI untuk masyarakat.

”Yang sudah daftar online ada 800 orang. Target 1.000 per hari. Mudah-mudahan segera tercapai. Target seluruh masyarakat bisa ikut, agar kegiatan ekonomi bisa pulih kembali,” tuturnya.

Khusus hari terakhir nanti akan dilakukan vaksinasi untuk Ibu hamil. ”Sejak tanggal 5-13 Oktober 2021, dalam satu harinya kita targetkan 1.000 warga Batam kita vaksin. Sehingga totalnya 9.000 vaksin. Dan di hari terakhir vaksinasi, akan kita berikan untuk ibu hamil dan menyusui,” ujarnya.

Pihaknya juga menegaskan, vaksinasi massal untuk warga Batam ini diberikan sebagai bentuk membantu program pemerintah daerah, khususnya BP Batam dalam mencegah dan memerangi penyebaran Covid-19. (*)

Reporter : RIFKI SETIAWAN

Editor: MOHAMMAD TAHANG