Kepri

Mau Konsultasi Statistik secara Daring, Bisa Pakai Aplikasi Warung Gurindam

Kepala BPS Kepri Agus Sudibyo. F. Peri Irawan

batampos.id– Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kepri meluncurkan aplikasi digital bernama warung gurindam, merupakan sistem pengintegrasian data untuk melayani konsultasi statistik secara daring.

BACA JUGA: BPS Catat Inflasi Batam pada Juli 2021 sebesar 0,45 Persen

Kepala BPS Kepri, Agus Sudibyo menjelaskan tujuan dibuatnya aplikasi warung gurindam itu untuk mempermudah dan memperdalam kajian informasi agar dapat diakses oleh media pers, pengusaha, akademis dan masyarakat dalam mendapatkan informasi secara lengkap melalui daring, karena dalam kondisi pandemi covid-19 saat ini membuat pertemuan secara langsung di Kantor BPS sulit dilakukan.

“Melalui aplikasi ini akan memudahkan teman-teman mengakses semua yang dimiliki BPS, bisa di download secara gratis,” kata Agus, di CK Hotel, Selasa (5/10) kemarin.

Dijelaskan Agus empat layanan utama yang bisa didapatkan masyarakat dari aplikasi warung gurindam itu selain menyajikan data dan informasi publikasi, ada layanan data mikro yang saat ini hanya bisa diakses perguruan tinggi yang sudah menjalin kerjasama, kemudian konsultasi statistik yang diberikan secara real time dan gratis dilayani oleh petugas dan layanan coaching informasi statistik melalui bimbingan kelas secara gratis. “Jika teman-teman mau memahami pengangguran akan kami bimbing secara gratis,” ungkapnya.

Selain menyajikan data informasi, melalui warung gurindam itu masyarakat bisa langsung berkonsultasi dengan petugas BPS, baik secara langsung, virtual, telepon, maupun pesan singkat yang dihubungkan langsung dengan petugas pada jam layanan. “Sehingga masyarakat lebih mudah mendapatkan informasi data BPS tanpa langsung ke perpustakaan kami BPS Kepri,” tambahnya Agus.

BPS Provinsi Kepri langsung menjemput bola menyampaikan informasi data yang valid dan berkualitas kepada masyarakat. Diharapkan bisa menjadi media untuk memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi data yang akurat dari BPS Kepri. (*)

 

Reporter : Peri Irawan
editor: tunggul