Selebritas

Musisi Gil Ofarim Hadapi Antisemitisme di Negaranya

Gil Ofarim (F DW)

batampos.id – Musisi Gil Ofarim menghadapi antisemitisme saat ia hendak check-in di sebuah hotel berbintang di Leipzig, Jerman, yang tak lain adalah negaranya sendiri.

Dilansir dari akun Instagramnya, Gil, sembari duduk di teras hotel tersebut, mengemukakan dia ditolak check-in karena mengenakan kalung Bintang Daud, lambang Yahudi. Identitas ras dan keyakinannya.

Pelantun It’s Your Love itu berusaha untuk check-in ke Hotel Westin di Leipzig, Senin (4/10/2021) malam waktu setempat. Karena masalah teknis dengan komputer hotel, antrean panjang terbentuk di depan meja resepsi. Ofarim memperhatikan bahwa orang lain dalam barisan sudah mulai dilayani, tetap ia yang turut antri, tak dipanggil-panggil meskipun sudah tiba gilirannya.

Kepada seorang staf hotel, ia bertanya “Ada apa? Kenapa semua orang dipanggil mendahuluiku?”

Karyawan hotel kemudian mengatakan kepadanya bahwa mereka berusaha untuk mengurangi antrean, tetapi tidak mengakui bahwa Ofarim juga mengantre. “Kemudian seseorang berteriak dari sudut meja hotel ‘Singkirkan bintangmu (Bintang Daud, Red),” ujar Ofarim sambil memegang kalung yang ia pakai dengan menahan tangis kesal dan sedih.

Ofarim mengatakan bahwa pekerja hotel kemudian mengulangi seruan kepada Ofarim untukmenyembunyikan Bintang Daud-nya, dengan mengatakan bahwa “setelah Anda menyimpannya, maka Anda dapat check-in.” Ofarim yang tampak kesal mengakhiri video dengan kata-kata: “Jerman, 2021.”

Dalam caption unggahannya itu, Ofarim jug menuliskan kenapa di zaman maju sekarang, masih banyak ditemui rasisme dan antisemitisme. “Tidakkah kita belajar dari masa lalu,” tulisnya sambil mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada teman-temannya yang telah membantunya setelah ditolak check-in di hotel tersebut.

Video unggahan Gil Ofarim tersebut pun memicu kritik tajam dari komunitas Yahudi Jerman dan menarik perhatian polisi di sana.

Dilansir dari Deutsche Welle, pengelola The Westin Hotel, Leipzig kini tengah diperiksa atas adanya kasus SARA tersebut.

Gil Ofarim sendiri merupakan musisi Jerman keturunan Yahudi yang selalu mengenakan kalung liontin Bintang Daud sebagai identitasnya. Lagunya It’s Your Love dan duetnya dengan The Moffats membuatnya pernah terkenal di Indonesia di awal 2000-an. Suami dari Verena Ofarim itu juga menjadi pemenang Let’s Dance pada 2017 lalu. (*)

Reporter: Chahaya Simanjuntak
Editor: Chahaya Simanjuntak