Covid-19

Gelar Vaksinasi Covid-19, Brimob Polda Kepri Sediakan 5 Ribu Dosis Vaksin

Petugas memvaksin warga yang mengikuti vaksinasi Covid-19 di Halaman Mako Brimob Polda Kepri, Rabu (6/10/2021). / F. Ilham untuk Batam Pos

batampos.id – Brimob Polda Kepri bekerja sama dengan Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Kepri, menggelar vaksinasi bagi masyarakat umum, Rabu (6/10/2021). Tercatat, ada 5.000 dosis vaksin Covid-19 yang disediakan bagi masyarakat yang mengikuti vaksinasi di halaman Markas Komando (Mako) Brimob Polda Kepri tersebut.

Komandan Batalyon (Danyon) A Pelopor Satbrimob Polda Kepri, Kompol Darmin, mengatakan, vaksinasi tersebut merupakan yang ketiga kalinya diadakan. Untuk kali ini, sebanyak 5.000 dosis disiapkan dengan jenis vaksin yakni Sinovac dan AstraZeneca.

“Alhamdulillah, masyarakat yang hadir untuk mengikuti vaksinasi sangat antusias,” ujar Kompol Darmin.

Selama proses vaksinasi berlangsung, pihaknya mengedepankan penerapan protokol kesehatan (Protkes) agar tak terjadi penularan kasus Covid-19.

“Semuanya wajib memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan atau pakai hand sanitizer,” terangnya.

Adapun, sasaran vaksinasi itu yakni anak-anak usia 12-17 tahun, kalangan lanjut usia (Lansia), dan masyarakat umum, baik untuk dosis pertama maupun dosis kedua. Dengan vaksinasi itu, kata dia, diharapkan mampu melindungi masyarakat dari Covid-19.

“Kita berharap semuanya bisa divaksinasi, agar wabah Covid-19 ini cepat berakhir,” harapnya.

Sebelumnya, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, termasuk jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang turut menyukseskan program vaksinasi di Kota Batam. Diharapkan, kekebalan komunal (herd immuninity) terhadap wabah Covid-19 segera dapat terbentuk.

“Ini kerja bersama agar Covid-19 segera selesai,” katanya.

Data dari Pemerintah Kota (Pemko) Batam hingga Selasa (5/10/2021) lalu, sebanyak 751.342 warga Batam sudah divaksin Covid-19 dosis pertama. Jumlah itu setara 82,8 persen dari total sasaran warga yang harus divaksin sebanyak 907.317 orang. Sedangkan vaksinasi Covid-19 dosis kedua di Kota Batam sudah menjangkau 531.817 orang atau sekitar 58,61 persen. (*)

Reporter : Ratna Irtatik
Editor : Jamil