Internasional

Malaysia dan Singapura Beli Obat Oral molnupiravir Covid-19 dari Merck

Ilustrasi Pil Merck. Obat oral Covid-19 ini menjadi pilihan Malaysia dan Singapura. ( F Reuters)

batampos.id – Perusahaan farmasi Merck (MRK.N) mengumumkan Malaysia dan Singapura membeli obat oral Molnupiravir untuk Covid-19 dari mereka.

Kementerian Kesehatan Singapura (MoH) mengonfirmasinya dengan mengatakan obat oral Merck ini akan dipakai untuk pengobatan Covid-19 setelah sebelumnya menggunakan suntik vaksin dosis dua kali.

Berapa jumlah dosis yang dibeli? MoH tak mengungkapnya, hanya menyebutkan obat molnupiravir akan tersedia di Singapura setelah Merck menyerahkan data ke Health Sciences Authority (HSA) untuk otorisasi, baru kemudian digunakan di sana.

“Molnupiravir ditambahkan ke portofolio terapi pengobatan Covid-19 menunjukkan kami memiliki berbagai pilihan pengobatan untuk kelompok pasien yang berbeda-beda kebutuhannya,” ujar MoH seperti dikutip dari Reuters, Kamis (7/10/2021).

Selain Singapura, Malaysia juga telah menjalin kerjasama dengan Merck. Mereka membeli 150 ribu pil antivirus ini. Ini menjadi obat Covid-19 oral pertama yang akan hadir di negara jiran itu.

“Kami sudah menandatangani kesepakatan bersama. Keputusan ini kami buat untuk menghadapi transisi dari pandemik ke fase endemik. Kami butuh hidup berdampingan dengan menambahkan pengobatan dan perawatan inovatif sebagai senjata untuk melawan Covid-19,” ujar Menteri Kesehatan Malaysia, Khairy Jamaluddin. (*)

Reporter: Chahaya Simanjuntak
Editor: Tunggul Manurung