Home

SOTK Baru Pemko Batam segera Dilantik

 

batampos.id – Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) baru di Pemerintah Kota (Pemko) Batam sudah terbentuk. Namun, hingga kini belum dilakukan pelantikan bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mengalami penyesuaian SOTK tersebut.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin Hamid, mengatakan, untuk pelantikan SOTK baru akan dilakukan paling lambat Desember mendatang. Pelantikan dilakukan berdasarkan nomenklatur yang sudah ditetapkan, beberapa waktu lalu.

foto: Cecep Mulyana / Batam Pos

Ia menjelaskan, pemberlakuan SOTK baru tersebut mulai aktif per 1 Januari 2022 mendatang. Sehingga, pelantikan paling lambat dilakukan 31 Desember 2021. Beberapa OPD mengalami perubahan nama, seperti Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) yang berganti nama menjadi Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Dinas Pemadam Kebakaran berubah menjadi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan.

Kemudian, status Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) yang tetap menjadi bagian dalam OPD Pemko Batam dan bukan menjadi instansi vertikal, lalu RSUD Embung Fatimah yang tahun depan menjadi UPT, lalu perubahan tugas pokok dan fungsi Sekretariat DPRD Batam dan Inspektorat.

”Itu nanti dilantik (terpisah), tidak sama dengan pelantikan dua jabatan eselon dua yang kami lelang beberapa waktu lalu,” kata Jefridin, Rabu (6/10).

Jefridin mengungkapkan, meskipun mengalami perubahan nama, untuk tugas pokok dan fungsi dari OPD tersebut tetap sama. Hingga pelantikan digelar nanti, tidak ada perubahan kinerja dan lainnya.

”Memang aturannya begitu, jadi SOTK baru ini harus dilakukan pelantikan ulang sesuai dengan nomenklatur yang sudah ditetapkan. Nanti Pak Wali yang akan melantik pejabat ini paling lambat akhir Desember tahun ini,” ujarnya.

Mengenai pelantikan dua jabatan eselon dua yang sudah dilelang beberapa waktu lalu, tinggal menunggu waktu saja. Surat dari Komite ASN baru saja diterima, sehingga pelantikan sudah bisa dilakukan.

”Prosesnya sudah selesai, dan surat KASN juga sudah keluar. Tergantung pimpinan lagi untuk melantik pejabat yang sudah dinyatakan lolos seleksi dan siap menempati jabatan baru mereka,” bebernya.

Jefridin berharap, pejabat yang dilantik nanti bisa menjalankan tugas dengan baik. Amanah yang sudah diberikan harus dijalankan sesuai aturan.

”ASN harus mematuhi aturan dan jangan sampai tersandung masalah. Ke depan ada banyak program pemerintah yang harus dijalankan demi memajukan kota Batam,” ungkapnya.

Sebelumnya, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, mengatakan, pelantikan masih menunggu finalisasi.

”Kalau suratnya sudah keluar, artinya tidak ada masalah lagi. Tunggu lah dalam waktu dekat ini akan segera saya lantik semua. Kali ini pelantikan cukup banyak rencananya, karena saya butuh yang bisa kerja,” tegasnya. (*)