Covid-19

Tersisa 23 Pasien, 50 Kelurahan di Batam Jadi Zona Hijau

Sebaran kasus Covid-19 berdasarkan kelurahan di Kota Batam. (Gugus Tugas untuk Batam Pos)

batampos.id – Upaya semua pihak untuk menekan penyebaran wabah Covid-19 di Kota Batam, mulai menunjukkan hasilnya.

Merujuk data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam, hingga Rabu (6/10/2021) kemarin, dari total 64 kelurahan di Batam, 50 di antaranya sudah berstatus zona hijau atau bebas dari kasus Covid-19. Sedangkan 14 kelurahan lainnya, kini berstatus zona kuning dengan jumlah kasus di bawah 10 pasien. Tercatat, total kasus aktif di Batam hanya menyisakan 23 pasien.

“Dari sebaran kasus Covid-19, per kelurahan itu paling tinggi ada dua pasien. Semoga yang masih dirawat segera sembuh sehingga Batam bisa nol kasus,” ujar Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, Kamis (7/10/2021).

Ia melanjutkan, berdasarkan data per kelurahan, penyebaran Covid-19 di Batam berada di lima kelurahan yang berada di wilayah Kecamatan Batam Kota, lalu satu kelurahan di Sagulung, dua kelurahan di Batuaji, dua kelurahan di Sekupang, dua kelurahan di Lubukbaja, satu kelurahan di Seibeduk, dan satu kelurahan di Bengkong. Selebihnya, sudah menjadi zona hijau.

Amsakar mengatakan, penanganan Covid-19 di Batam terus menunjukkn hasil yang bagus. Ia meminta, penurunan angka kasus saat ini terus dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan (protkes) yang ketat. Seperti, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas (Protkes 5M).

“Terus jaga protkes ini, jangan abai karena kasus turun. Kewaspadaan kita sangat penting untuk menekan penyebaran Covid-19,” tutur mantan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam tersebut.

Adapun, sesuai sebaran kasus per kecamatan di Batam, maka zona hijau ada di lima kecamatan yakni Batuampar, Nongsa, Galang, Bulang, dan Belakangpadang. Kemudian, tujuh kecamatan lain masih zona kuning dengan rincian kasus per kecamatan yakni; Bengkong satu kasus, Batam Kota delapan kasus, Seibeduk satu kasus, Sagulung satu kasus, Batuaji empat kasus, Sekupang tiga kasus, dan Lubukbaja tiga kasus.

“Pemerintah akan terus berupaya untuk menekan penyebaran kasus Covid-19. Tapi, kami juga butuh bantuan dan peran serta masyarakat, termasuk dalam hal menerapkan protokol kesehatan,” tutupnya. (*)

Reporter : Ratna Irtatik
Editor : Jamil