Bintan-Pinang

Pemeriksaan Aplikasi Peduli Lindungi Diperketat di Pelabuhan 

Kepala KKP Tanjungpinang, Agus Jamaludin. F. Peri Irawan

batampos.id -Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Tanjungpinang akan melakukan pemeriksaan aplikasi peduli lindungi dengan ketat di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang untuk calon penumpang yang akan berangkat dan sampai di pelabuhan.

BACA JUGA: Pakai Masker 2 Lapis Jadi Senjata dan Alat Pelindung Diri dari Covid

Kepala KKP Tanjungpinang, Agus Jamaludin menjelaskan sesuai kebijakan pemerintah semua masyarakat yang akan bepergian baik perjalanan laut, darat atau udara harus mengisi aplikasi peduli lindungi walaupun sudah mulai diterapkan beberapa waktu lalu di Tanjungpinang dan daerah lain. “Sekarang kita memperbaiki penerapannya kekurangannya akan dibenahi khususnya di Pelabuhan SBP,” kata Agus, Kamis (7/10).

Dijelaskan Agus, setelah dilakukan koordinasi dengan pihak terkait maka akan segera diberlakukan untuk kelancaran lalu lintas orang pada masa pandemi dan menjaga Kepri bisa bertahan atau lebih baik dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level I saat ini. “Dalam edaran Gubernur Kepri nomor 611 sekarang sudah level I, ini yang harus kita jaga,” ujarnya.

Pelaku perjalanan akan diwajibkan mengisi aplikasi peduli lindungi dengan benar, dalam aplikasi itu sudah tersedia bukti vaksinasi, laporan sudah menjalani pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR) atau antigen serta Electronic Health Alert Card (EHAC) yang sudah terintegrasi dengan aplikasi itu. “Makanya pelaku perjalanan juga harus mengisi EHAC untuk kelancaran perjalanan,” tambahnya.

Bagi penumpang kapal yang sudah mengisi peduli lindungi dan EHAC maka akan lebih lancar sedangkan yang manual akan dilakukan verifikasi oleh petugas saat tiba di pelabuhan atau akan berangkat. “Petugas akan mengatur mulai penumpang turun dari pintu kapal agar tidak berkerumun karena protokol kesehatan akan tetao diterapkan,” terangnya. (*)

 

Reporter : Peri Irawan
editor: tunggul