Metropolis

Tom Tak Jera Mencuri Motor, Kembali Ditangkap Polisi

barang bukti motor hasil curian yang diamankan polsek Sekupang

batampos.id- Kepolisian Sektor Sekupang berhasil membekuk seorang pria berinisial Z alias Tom yang diketahui merupakan residivis tindak pidana pencurian kendaraan bermotor di wilayah Sekupang. Diketahui, pelaku melakukan aksinya di tiga lokasi berbeda. Sebanyak itu juga ia mendekam di balik jeruji besi, Jumat (8/10).

BACA JUGA: Ironis, Bocah Curi Motor, Marak

Kapolresta Barelang kombes Yos Guntur melalui Kompol Yudha Suryawardana menjelaskan, Z alias TOM, merupakan residivis yang sudah tiga kali menjalani hukuman dengan kasus serupa yakni pencurian yang dulunya maling kecil-kecilan dan saat ini sudah naik level menjadi pencuri kendaraan bermotor. Awal mulanya aksi pelaku diketahui dari adanya rekaman CCTV di salah satu TKP di Tiban saat melakukan aksi pencurian sepeda.

Yudha menambahkan, penangkapan pelaku bermula saat tim Opsnal Unit Reskrim Polsek Sekupang mendapatkan laporan dari masyarakat terkait tindak pidana pencurian yang sangat meresahkan masyarakat yang terjadi di Komplek Perbengkelan Sei Harapan pada Selasa (5/10) pukul 12.00 WIB.

“Berbekal dari rekaman CCTV dari TKP yang berbeda dengan ciri pelaku yang sama kemudian dilakukan penyelidikan untuk mencari keberadaan pelaku dan sekira pukul 22.00 WIB pelaku berhasil ditangkap.

“Pelaku ini merupakan residivis spesialis pencurian yang saat ini naik Leve ke sepesialis curanmor. Pelaku sendiri sudah 3 kali menjalani proses hukum di Polsek Sekupang, dan pelaku tidak pernah jera,” kata Kapolsek.

Terang Kapolsek, pelaku sebelumnya tidak menggunakan target benda apa yang akan diambilnya. Akan tetapi pelaku mengambil benda apa saja yang mempunyai nilai jual di setiap ada kesempatan, pelaku akan mengambilnya. Namun kali ini pelaku sudah naik tingkat dengan mencuri kendaraan bermotor dan sudah tiga motor diambilnya.

Saat ini dari tangan pelaku berhasil diamankan barang bukti berupa satu unit sepeda motor Mio dan satu unit sepeda motor yamaha Vega hasil curian, satu buah kunci T dan terhadap barang lain hasil kejahatan masih dilakukan upaya pencarian. “Atas perbuatannya, Pelaku dijerat Pasal 363 ayat (1) Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) dengan hukuman penjara maksimal sembilan (7) tahun,” tutup Yudha. (*)

Reporter : Rengga Yuliandra
editor: tunggul