Karimun

Gandeng Puskesmas Tebing, ULPLTU Karimun Gelar Pengobatan Gratis

Pengobatan gratis untuk warga

batampos.id– Unit Layanan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (ULPLTU) Tanjungbalai Karimun menggelar pengobatan gratis bagi masyarakat Kelurahan Tebing, Sabtu (9/10/2021). Dengan menggandeng UPT Puskesmas Tebing, ULPLTU memberikan layanan pemeriksaan ISPA, dan Antigen gratis.

BACA JUGA: Tambah Daya Listrik Murah Meriah dengan Cara Pelanggan PLN Karimun Belanja di Distributor Channel Kerja Sama dengan PLN

Kegiatan yang dipusatakan di Balai Desa Ranggam, Kelurahan Tebing ini, juga diwarnai pemberian bantuan sembako, dan vitamin bagi pasien Covid 19 yang menjalani isolasi mandiri (isoman). Termasuk bantuan bagi relawan yang mengabdikan dirinya bagi percepatan pemutusan matarantai Covid 19 di Kabupaten Karimun.

“Kegiatan yang kita laksanakan dilatarbelakangi banyaknya masyarakat yang berobat di UPT Puskesmas Tebing yang mengalami gejala terinfeksi Covid 19. Namun warga tidak bisa melakukan swab antigen karena tidak ditanggung pemerintah,” ujar Manajer ULPLTU Tanjungbalai Karimun, Delta Darlius.

Melalui kegiatan ini, sambung Delta, dapat membantu dalam upaya pencegahan Covid 19 yang lebih dikenal dengan 3T (Testing, Tracing, dan Treatment). Selain itu, PLTU Tanjungbalai Karimun juga meminta UPT Puskesmas Tebing melakukan pemeriksaan ISPA sebelum atau sesudah antigen.

Pemberian bantuan untuk warga

“Tujuannya, apabila ada warga yang terindikasi ISPA agar dirujuk ke Puskesmas untuk mendapatkan perawatan serta penanganan yang lebih baik,”paparnya.

Di sisi lain, warga RT 01 RW 02 Kelurahan Tebing yang masuk ring 1 wilayah operasional PLTU diajak untuk melakukan aksi nyata dalam mengantisipasi penyebaran Covid 19.

“Dengan bantuan sarana dan prasana poengobatan masyarakat ini, kita harapkan dapat mengantisiasi peningkatan kasus Covid 19. Termasuk mempercepat pemulihan dan kesembuhan bagi pasien yang sedang menjalani isoman, khususnya warga yang berada di sekitar PLTU,” tegasnya.

Sementara Kepala UPT Puskesmas Tebing, Wibowo mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan ULPLTU Tanjungsebatak, Kelurahan Tebing. Terutama dalam memutus matarantai penyebaran Covid 19 bagi warga di sekitar operasional PLTU.

“Kita sangat bersyukur dan berterima kasih atas aksi kepedulian PLTU dalam bidang kesehatan untuk warga sekitar. Sehingga bagi warga yang terindikasi Covid 19 dengan cepat dapat ditangani. Dan matarantai penyebaran Covid 19 dapat diputus,” tegas wibowo. (*)

Reporter: Ichwanul F
editor: tunggul