Covid-19

MUI Sebut Vaksin Covid-19 Merek Zifivax Halal dan Suci

Ilustrasi vaksinasi Covid-19 ( Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

batampos.id  – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Fatwa Asrorun Niam Sholeh mengatakan vaksin Covid-19 dengan merek Zifivax adalah halal dan suci. Adapun vaksin Covid-19 merek Zifivax ini diproduksi oleh perusahaan Tiongkok, Anhui Zhifei Longcom Biopharmaceutical.

“Karenanya MUI menetapkan bahwa produknya halal dan suci,” ujar Asrorun dalam jumpa pers di Kantor MUI, Jakarta, Sabtu (9/10).

Asrorun menambahkan, dalam produksi vaksin merek Zifivax ini juga memenuhi standar kehalalan. Sehingga tidak ditemukan kandungan-kandungan dan material yang tidak halal bagi umat Islam.”Di dalam proses produksinya memenuhi standar halal dan juga tidak ditemukan penggunakan yang haram dan najis,” katanya.

Oleh sebab itu, Asrorun menuturkan vaksin merek Zifivax ini dibolehkan digunakan bagi masyarakat Indonesia sebagai ikhtiar memutus penyebaran Covid-19 di dalam negeri.  “Ini menjadi penting karena kebolehan penggunaan vaksin ini terikat oleh aspek kethayyiban, aspek keamanan, efikasi dan safety,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala BPOM Penny K Lukito mengatakan, pemberian EUA kepada Vaksin Zifivax dilakukan setelah melakukan pengkajian intensif bersama Tim Komite Nasional Penilaian Khusus Vaksin Covid-19 dan ITAGI terkait keamanan, efikasi dan mutu vaksin.

Vaksin Zifivax menggunakan platform rekombinan protein sub-unit. Artinya, platform vaksin tersebut diambil dari spike glikoprotein atau bagian kecil virus yang akan memicu kekebalan tubuh saat disuntikkan ke tubuh manusia.

Menurut Penny, berdasarkan hasil uji klinik fase 1, 2 dan 3 efikasi Vaksin Zifivax mencapai 81,71 persen, dihitung 7 hari setelah mendapatkan vaksinasi lengkap. Kemudian efikasi vaksin tersebut mencapai 81,4 persen, bila dihitung 14 hari setelah mendapatkan vaksinasi lengkap.

Berdasarkan analisis pada beberapa rentang usia, efikasi vaksin ini pada usia 18-59 tahun sebesar 81,51 persen dan untuk kelompok lansia usia 60 tahun ke atas sebesar 87,58 persen.

Vaksin Zifivax dikatakan menunjukkan efikasi terhadap varian korona seperti Alpha, Gamma, Delta dan Kappa. Efikasi Vaksin Zifivax terhadap varian Delta sekitar 77,47 persen, Alpha 92,93 persen, Gamma 100 persen, dan Kappa 90 persen.  (*)

Sumber: JP Group
Editor : Jamil