Ekonomi & Bisnis

Axiata Tbk Wujudkan Transformasi Digital

Seremonial peluncuran XL SATU dalam acara perayaan HUT ke-25 XL Axiata yang dilakukan secara daring. F. Istimewa

batampos.id – Memasuki usia 25 tahun melayani masyarakat Indonesia, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meneguhkan tekad untuk terus mendukung visi pemerintah dalam mewujudkan transformasi digital di Indonesia. Untuk itu, sesuai tema HUT ke-25 ”Membangun Indonesia Digital”. XL Axiata tidak pernah berhenti membangun jaringan 4G hingga ke area-area pelosok di berbagai provinsi guna ikut serta dalam pemerataan akses internet cepat ke seluruh masyarakat di berbagai daerah, termasuk di desa-desa terpencil.

”Bahkan, di masa pandemi yang cukup berat secara bisnis, kami tidak mengurangi investasi dalam membangun jaringan 4G hingga ke pelosok-pelosok daerah, sebagai bagian dari implementasi komitmen XL Axiata dalam upaya membangun Indonesia digital,” ucap Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini, dalam keterangannya, Minggu (10/10).

Menurutnya, digitalisasi di berbagai bidang akan terus meluas dan tidak terbendung lagi karena terbukti mampu menghasilkan berbagai hal positif, termasuk mendorong produktivitas.

”Jika ingin meraih manfaat dari digitalisasi tersebut, masyarakat Indonesia perlu bertransformasi,” jelasnya.

Pembangunan infrastruktur jaringan 4G oleh XL Axiata yang terus meluas merupakan realisasi atas komitmen XL Axiata dalam mendukung transformasi digital di berbagai bidang. Termasuk juga bagian dari tindakan nyata perusahaan dalam mendukung visi pemerintah untuk memanfaatkan akses internet cepat guna mempercepat pemerataan pembangunan nasional.

BACA JUGA: Layanan 4G XL Axiata Menjangkau 35 Desa di Kepri

Saat ini, jaringan telekomunikasi dan data XL Axiata sudah menjangkau lebih dari 60.800 desa/kelurahan di lebih dari 5.700 kecamatan, dan 459 kota/kabupaten di semua provinsi dari Sabang hingga Merauke.

”Total jaringan backbone fiber optik milik XL Axiata mencapai lebih dari 103 ribu kilometer, yang mendukung lebih dari 156 ribu BTS, termasuk lebih dari 65 ribu di antaranya BTS 4G, guna melayani lebih dari 56 juta pelanggan,” tutup Dian Siswarini. (*)

Reporter: Azis Maulana
Editor: Suprizal Tanjung