Zetizen

Jagonya Bikin Pameran Seni

Batampos.id – SAAT datang ke pameran seni, kita biasanya dibuat kagum dengan karya seni yang indah. Well, keindahan karya seni itu juga bergantung pada tata letaknya. Nah, di balik peletakan karya seni yang proporsional, ada peran seorang art handler. Profesi yang masih jarang dikenal di Indonesia itu ternyata memiliki tugas yang krusial, lho. Biar lebih tahu, simak penjelasan langsung dari art handler Yogi Ashidiqi berikut!

’’Aku tertarik dengan dunia art handling sejak di bangku kuliah. Waktu itu, sama teman-teman terjun langsung dalam menyiapkan salah satu pameran seni terbesar di Jawa Timur. Dari situ, kita belajar bahwa setelah berkarya, kita perlu memamerkannya agar mendapat respons dari orang lain. Nah, di balik karya yang menarik, harus ada manajemen penataan yang baik pula. Agar saat orang lain melihat karya seni itu, mereka bisa mendapat pengalaman dan kesan yang luar biasa,’’ ujar alumnus Universitas Negeri Surabaya itu.

Yogi Ashidiqi for zetizen

Fokus utama seorang art handler adalah menangani karya yang akan dipamer­kan dengan baik dan menciptakan suasana pameran senyaman mungkin. Art handler biasanya mendata karya seni yang datang, lalu membuka packing, hingga memasang karya tersebut di ruang pamer. Art handler juga perlu memastikan kondisi ruangan sebelum memajang karya, menghitung tata letaknya, hingga mengatur komposisi, suhu ruangan, dan pencahayaan.

Kalau kamu pengin jadi art handler, kamu harus memperbanyak pengalaman di lapangan. Ikuti semua pameran seni, baik event besar maupun kecil. Kenali juga macam-macam karya seni beserta karakteristiknya. Lalu belajar memahami ruangan, teknik pencahayaan, dan teknik displai sesuai karya seni yang akan dipamerkan. Eitts, hati-hati ya saat mengatur karya milik seniman!

EKSHIBISI: Dua ruang pameran ini ditata Yogi dan tim sebagai art handler di bawah naungan artist director.

’’Jadi, seorang art handler itu menarik, prospeknya sangat bagus. Apalagi, makin banyak event seni di Indonesia. Selain menata karya seni, kita bisa membangun relasi dengan para seniman dan menjadi tangan kedua mereka dalam mempresentasikan sebuah karya. Yang penting totalitas, semangat, dan senang dengan kerjaannya. Kapan lagi bisa pegang karya seniman secara langsung dan berjasa bagi mereka, kalau nggak jadi art handler,’’ tandas Yogi. Wah, menarik ya! Cocok banget nih buat kamu yang anaknya nyeni banget. (arm/c12/lai)

textileartist

 

Jogja National Museum (JNM) merupakan museum dan galeri seni kontemporer yang bertempat di bekas kampus Akademi Seni Rupa Indonesia. Masyarakat sekitar dan seniman Jogja lebih mengenal JNM sebagai Jogja Gallery. Di museum ini, kamu bisa menikmati masterpiece dari para seniman dan ragam kegiatan seni menarik, salah satunya adalah kegiatan melukis bertajuk Melukis Lagi di Gampingan.

museummacan

 

Meski namanya Macan, museum ini nggak ada macannya ya, guys! Museum Macan merupakan kependekan dari Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara. Museum yang dibuka sejak 2017 itu menyimpan karya seni tradisional hingga karya seni kekinian. Museum Macan juga menjadi institusi pertama yang berfokus pada edukasi seni kepada masyarakat.

 

oppakuliner

Di Moja Museum, kamu bisa hunting sekaligus menikmati karya seni yang Instagrammable. Moja atau Museum of Jakarta menempati rumah klasik di kawasan Pondok Indah. Museum ini didesain selayaknya labirin dengan beberapa ruangan yang berbeda. Ruangan-ruangan tematik tersebut terinspirasi dari film-film ternama seperti Charlie and the Millenial Pink Candy Room, Flower Gump, Captain Snowman’s Underpants, dan Seats of Summer. (arm/c12/lai)

 

“Keindahan Seni yang Luar Biasa”

Reporter : Siti Nuranisah
Editor : Agnes Dhamayanti

Seni didefinisikan sebagai ekspresi rasa keindahan yang menghadirkan berbagai bentuk kreativitas. Dari zaman prasejarah hingga sekarang, seni telah menjadi bagian dari kehidupan manusia dari waktu ke waktu. Keberadaan seni sudah melekat dalam semua kehidupan manusia dan jiwa manusia. Nah, bagaimana sih kita bisa melihat karya seni itu indah dan memiliki kesan yang luar biasa? Yuk Simak yuk pendapat mereka!

F. Dok. Pribadi

Niken Amelia Putri
Politeknik Negeri Batam
@nikenn17_

Menurut saya keindahan seni itu dapat dilihat dari segi manapun. Seni pun sangat beragam dan tentunya memiliki nilai keindahannya masing-masing, karena dari senilah seseorang dapat mengungkapkan perasaannya. Setiap orang memiliki perspektif yang berbeda dalam melihat sebuah seni, bahkan dari sebuah goresan pun bisa dianggap sebuah karya seni yang luar biasa.(*)

F. Dok. Pribadi

 

Farid Dzakwan Ramadhan
Politeknik negeri batam
@xxyimiii

Seni itu sebuah instrumen dan wadah untuk menuangkan kekreatifitasan seseorang menjadi sebuah karya sehingga dapat menyampaikan apa yang si pembuat rasakan kepada orang lain. (*)

 

F. Dok. Pribadi

Meuthia Ramadhani Archam
Telkom University, Bandung
@tekkk_99

Menurut saya dalam melihat suatu karya seni terlihat indah hanya ada beberapa poin saja. Semuanya tergantung sudut pandangnya. Namun, sebenarnya untuk menilai suatu karya seni yang terlihat indah dan memiliki kesan yang luar biasa itu tidak memiliki patokan yang sama pada setiap individu.

Seperti ada istilah “Orang cantik itu relatif” setiap individu memiliki pendapat masing-masing untuk menilai seseorang itu cantik atau sebaliknya, begitu juga dengan karya seni.(*)

F. Dok. Pribadi

Widya Pratiwi
Politeknik negeri batam
@widyaaprrtw

Wah berpendapat tentang seni ini luas banget yak. Menurut aku sih seni yang bisa dibanggakan di Indonesia sangat beragam. Salah satunya seni lukis. Kalau di Batam, motif lukisan yang bisa dikembangkan adalah motif gonggong.

Cara mengetahui keindahan seni juga bermacam-macam tergantung dari cara melihatnya. Contoh pada seni lukis, ada orang yang melihat dari keindahan warnanya, ada juga yang melihat dari bagaimana abstraknya lukisan, ada juga yang melihatnya dari teknik lukisan tersebut. Jadi yang paling penting sih, kalau ngga ada seni di hidup ini, pasti terasa flat flat ajaa hihiww (*)