Bintan-Pinang

Masjid Nurul Istiqomah Dipugar, Warga Muslim Lobam Bestari Salat Berjemaah di Ruang Pertemuan Kantor Lurah

Kondisi terakhir pembangunan Masjid Nurul Istiqomah di Perumahan Lobam Bestari, Kelurahan Teluk Lobam, Bintan. F.Slamet Nofasusanto

batampos.id– Sejumlah warga muslim yang ada di Perumahan Lobam Bestari dan sekitarnya sudah merindukan kembali melaksanakan salat berjemaah di Masjid Nurul Istiqomah, Kelurahan Teluk Lobam, Kecamatan Seri Kuala Lobam. Sejak masjid tersebut dipugar tahun 2020, warga muslim memanfaatkan sementara ruang pertemuan masyarakat Kantor Lurah Teluk Lobam sebagai tempat ibadah.

BACA JUGA: Gandeng Donatur Australia, Putra Sulung HM. Taufiq, Anggota DPRD Kepri Bangun Lima Masjid di Pulau Kundur dan Karimun

“Sudah setahun lebih, sejak Juli 2020 kami salat berjemaah di ruang pertemuan masyarakat,” ungkap ketua Masjid Nurul Istiqomah, Purwanto.

Purwanto menuturkan, pemerintah daerah telah mengucurkan anggaran sekitar Rp 1 miliar untuk tahap awal pembangunan masjid pada tahun 2020 dari estimasi total anggaran pembangunan hingga selesai sekira Rp 6,5 miliar. “Itu sudah terealisasi,” ujar Purwanto.

Kemudian, lanjut Purwanto, pemerintah daerah kembali mengalokasikan anggaran sekira Rp 1 miliar untuk pembangunan lanjutan Masjid Nurul Istiqomah. “Ada dana hibah melalui bagian kesra sekira Rp 1 miliar. Tidak jelas kenapa tidak bisa direalisasikan,” menurut pria yang awam terkait birokrasi ini.

Dia berharap, ke depan pemerintah daerah kembali mengalokasikan anggaran untuk pembangunan lanjutan Masjid Nurul Istiqomah, Lobam Bestari. “Berharap dilanjutkan pembangunannya, setidaknya bisa digunakan untuk salat berjemaah,” harapnya.

Anggota DPRD Bintan, Mirwan mengatakan, tahun ini, pemerintah mengalokasikan anggaran sekira Rp 1 miliar untuk pembangunan lanjutan Masjid Nurul Istiqomah.

Namun, menurutnya, anggaran tersebut tidak dapat direalisasikan karena ada aturan dana hibah yang tidak boleh berturut. Politisi Partai NasDem Bintan ini mengatakan, anggaran tersebut telah dialihkan ke Dinas Perkim. Akan tetapi, karena waktu yang terbatas membuat dinas terkait tidak siap menjalankan proyek ini. “Akhirnya dijadikan silpa,” kata Mirwan.

Mirwan mengatakan,  untuk APBD 2022, rencana pembangunan lanjutan Masjid Nurul Istiqomah sudah masuk pada pembahasan musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) tingkat kabupaten.

“Insya Alloh sudah ada di SIPD (sistem informasi pembangunan daerah). Tinggal kita mendorong penganggarannya,” kata Mirwan berharap pembangunan lanjutan masjid Nurul Istiqomah bisa direalisasikan tahun 2022. (*)

Reporter: SLAMET NOFASUSANTO
editor: tunggul