Internasional

Vaksinasi Capai 90 Persen, Warga Malaysia Bebas Melancong Mulai Hari ini

PM Malaysia, Ismail Sabri Yakoob. ( F Bernama)
PM Malaysia, Ismail Sabri Yakoob. ( F Bernama)

batampos.id – Tingkat vaksinasi Malaysia sudah mencapai 90 persen. Sesuai dengan pernyataan pemerintah setempat, maka Malaysia Travel Pass (MTP) pun dihapus. Warga negara itu kini bebas melancong, baik antar negara bagian maupun ke luar negeri mulai Senin, (11/10/2021) hari ini.

BACA JUGA:
Program Vaksinasi Capai 90 Persen, Malaysia Siap Hapus My Travel Pass

“Mulai besok (hari ini,red) warga bebas bepergian. Pulang kampung jenguk orang tua, berlibur, dan lainnya,” ujar Perdana Menteri Malaysia, Ismail Sabri Yaakob melalui pidato khusus, Minggu (10/10/2021) malam tadi.

Dihapusnya MTP ini, menjadi yang perdana bagi warga Malaysia melakukan perjalanan domestik tanpa perlu izin dari satuan tugas Covid-19 setempat, sejak pembatasan ketat dilakukan Maret 2021 lalu.

Bahkan sejak pandemi 2020, warga Malaysia dilarang bepergian ke luar negeri kalau tidak ada alasan resmi.

Ismail mengingatkan, meski MTP sudah dihapus, warga harus tetap waspada dan tetap menjalankan protokol kesehatan untuk meminimalisir peningkatan Covd-19 di negara itu. “Lakukan tes Covid-19 sebelum Anda mengunjungi orang tua di kampung atau melakukan perjalanan antara bangsa,” ungkapnya.

Dia juga menambahkan, kegiatan perjalanan ini hanya bagi warga yang sudah divaksin lengkap.

Apakah ini berlaku juga bagi wisatawan mancanegara yang ingin berkunjung ke Malaysia? Sabri mengatakan tidak berlaku. “Hanya mengizinkan bagi warga kami saja. Negara Malaysia masih belum terbuka untuk pelancong asing, kecuali urusan darurat atau bisnis,” ungkapnya.

Malaysia kini tengah bersiap menghadapi perubahan dari fase pandemi ke fase endemis. “Masih butuh survey dan penelitian. Soal kapan mulainya, belum,” tutup Ismail Sabri. (*)

Reporter: Chahaya Simanjuntak
Editor: Tunggul Manurung