Ekonomi & Bisnis

Agar Batik Batam Makin Dikenal Luas

 

batampos.id – Stan pengrajin Batik Batam turut mewarnai kegiatan Pemilihan Dewan Pengurus Korpri (Korps Pegawai Republik Indonesia) Kota Batam di Swiss-Belhotel, Harbour Bay, Senin (11/10/2021).

Beberapa stan pengrajin seperti Batik Puan Lawa Tiban Lama, Toto Craft Batik, Batik Jemari Mas, Batik Tanjung, dan Batik Tanjung Buntung, turut mengenalkan ragam motif batik Batam. Salah satunya, motif batik ikan marlin yang merupakan batik khas dari Kota Batam.

koleksi batik motif Batam yang dipamerkan saat acara Pemilihan Dewan Pengurus Korpri Kota Batam di Swiss-Belhotel, Harbour Bay, Senin (11/10).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata, mengapresiasi hadirnya puluhan kain batik ini sebagai bentuk untuk mempromosikan batik Batam agar makin dikenal luas oleh masyarakat.
”Kita akan terus mempromosikan batik di berbagai kegiatan, baik di dalam dan luar negeri,” katanya.
Batik ikan marlin jadi salah satu kerajinan dari Kota Batam yang diinisiasi oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Batam dan juga sebagai Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina. Selain motif ikan marlin, batik Batam juga punya motif ikon Batam yakni jembatan Barelang.

 

Ia menginformasikan, pengrajin batik Batam juga ikut memeriahkan kegiatan Peringatan Hari Museum Nasional yang digelar oleh Museum Batam Raja Ali Haji, Rabu (12/10) besok.
”Selain mengelar lomba foto dan baca puisi, Museum Batam Raja Ali Haji juga melakukan visitasi museum untuk anak panti asuhan sekaligus menyerahkan bingkisan sembako untuk mereka. Pada kesempatan itulah kami mengenalkan museum dan batik ikan marlin kepada anak-anak,” terangnya. (*)

 

 

Reporter : YASHINTA
Editor : RATNA IRTATIK