Ekonomi & Bisnis

Ditjen PSP Raih Dua Penghargaan

Mentan Syahrul Yasin Limpo menyerahkan penghargaan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2021 kepada Dirjen PSP Ali Jamil. Dua penghargaan diterima Ditjen PSP yakni kategori pertama yakni “Penderasan Informasi Publik Terbaik.” Sedangkan kategori kedua yakni “Pelayanan Informasi Publik Teresponsif.” (Kementan for JawaPos.com)

batampos.id – Kementerian Pertanian (Kementan) menyelenggarakan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2021. Sejumlah penghargaan diberikan sebagai bentuk reward atas kinerja yang telah dilakukan selama ini. Pada kesempatan itu, Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) sebagai unit kerja Eselon I Kementan berhasil meraih dua kategori penghargaan.

Penghargaan untuk kategori pertama yakni “Penderasan Informasi Publik Terbaik.” Sedangkan kategori kedua yakni “Pelayanan Informasi Publik Teresponsif.”

Dalam sambutannya, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menekankan pentingnya layanan dan akses data dan keterbukaan informasi publik dalam menjalankan roda pembangunan pertanian masa depan yang memiliki misi maju, mandiri dan modern. “Informasi publik merupakan awal dari lahirnya sebuah data yang penting sebelum melakukan pengambilan kebijakan,” tutur Mentan SYL, Senin (11/10/2021).

Saat ini, Mentan SYL melanjutkan, informasi publik menjadi sesuatu yang amat sangat penting. Informasi publik mampu melahirkan program berbasis data. Yang lebih penting informasi publik mampu melahirkan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Data dan informasi publik merupakan senjata utama pada sektor pertanian yang tidak boleh diakrobatik (dipermainkan) menjadi sebuah kebijakan yang menyesatkan. Sebab dari informasi yang terpublikasi nantinya akan melahirkan transparansi,” papar Mentan SYL.

Menurut dia, kinerja yang baik di tubuh Kementan berkat program yang dirancang dengan baik pula oleh semua jajaran. “Semua ini tentunya karena adanya akses informasi yang jernih, yang transparan dan akuntabel dari semua pihak di Kementan ini,” tutur dia.

Ketua Komisi Informasi Publik, Gede Narayana dalam sambutannya secara virtual sangat mengapresiasi dan menghargai kegiatan keterbukaan informasi publik di tubuh Kementan. Ia berharap dengan adanya kegiatan ini, ke depan keterbukaam informasi publik akan semakin lebih baik lagi.

“Semoga menjadi lebih baik dan lebih sempurna lagi. Kepada unit kerja dan unit pelaksana teknis yang mendapat penghargaan, saya ucapkan selamat. Semoga ini menjadi momentum keterbukaan informasi publik di lingkungan Kementan menjadi menjadi lebih baik lagi ke depannya,” harap Gede.

BACA JUGA: Kementan Lepas 50 Ribu Hibah Benih Sumber

Direktur Jenderal PSP Kementan, Ali Jamil mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang didapat direktorat yang dipimpinnya. Menurutnya, pencapaian ini berkat kerja keras seluruh jajarannya di Ditjen PSP.

“Penderasan informasi publik ini karena memang ada kinerja yang dilakukan dengan baik di lapangan oleh kita semua. Tanpa kinerja, tentu tak ada yang bisa dilaporkan sebagai informasi kepada masyarakat luas,” ujar Ali.

Ia juga mengajak seluruh jajarannya untuk tetap bekerja keras dan lebih giat lagi menderaskan informasi mengenai pertanian kepada masyarakat.

“Pertanian ini merupakan sektor yang amat vital karena menyangkut hajat hidup orang banyak. Maka, saya mengajak kepada kita semua untuk terus bekerja keras meningkatkan produktivitas dengan prasarana dan sarana yang kita miliki,” demikian Ali. (*)

Reporter: JPG Group
Editor: Suprizal Tanjung