Zetizen

LEAD Virtual Boot Camp GenBI Kepri 2021 – Ajang Tukar Fikiran

Reporter : Diella Marfika Tama
Editor : Agnes Dhamayanti

Batampos.id – Generasi Baru Indonesia ( GenBI ) Kepulauan Riau 2021 menggelar LEAD (Leadership Exploration and Deveploment) yang merupakan kegiatan tahunan yang mengusung tema ”Collaboration The Future Leaders With Creativity And Credibility In The 4.0 Era”, Sabtu, 02 Oktober dan Minggu 03 Oktober 2021.

’’Tema ini bertujuan untuk mewujudkan kolaborasi antar sesama GenBI Kepri agar dapat saling bertukar pikiran membentuk karakter pemimpin masa depan yang memiliki kreativitas dan kredibilitas di era industri digital dengan menyesuaikan kemajuan teknologi 4.0,’’ kata Ismanullah, Ketua Pelaksana LEAD GenBI Kepri 2021.

Peserta LEAD Via Zoom Meeting

Kegiatan Leadership Exploration and Deveploment (LEAD) ini diikuti 88 peserta penerima beasiswa Bank Indonesia tahun 2021 yang tersebar di perguruan tinggi yaitu Universitas Maritim Raja Ali Haji dan Politeknik Negeri Batam. Kegiatan LEAD ini diadakan tiap tahun pada bulan Oktober hingga November atau triwulan terakhir, dan kegiatan ini merupakan kali kedua diadakan secara virtual.

Suasana saat serangkaian acara berlangsung dan para mentor terhubung dengan peserta melalui Zoom Meeting

Selama kegiatan berlangsung, para peserta diberikan beberapa materi dengan narasumber yang berbeda, di antaranya seputar tentang Kebanksentralan dan Sistem Pembayaran (GPN) ”Interoperabilitas Layanan SP dalam Digitalisasi Sistem Pembayaran” dengan narasumber Rizon Agustan Sinaga (Manajer Unit Kehumasan Bank Indonesia) serta Ega Dwi Rizkiyanto (Manajer FIKSP Bank Indonesia), Sharing Session Kepemimpinan ”One Step to Become a Person of Quality, Integrity and Responsibility in Millennial Era” dengan narasumber Lisa Yulia (CEO PT.Pelayaran Kencana Global), Sharing Session Kepenulisan ”How to Improve Creative Writing in Articles for Publishing in Mass Media” dengan narasumber J.S Khairen (Creative Writer), dan Materi Motivasi ”Strategi Generasi Cendekiawan sebagai Agent of Change Menuju Indonesia Emas 2045” dengan narasumber Sherly Annavita (Dosen & Entrepreneur).

‘‘Materi-materi ini berguna untuk menambah wawasan dan pengetahuan para peserta khususnya dan juga meningkatkan kemampuan peserta dalam menjalankan fungsi GenBI itu sendiri yaitu Agent of Change, Front Linear, dan Future Leader,‘‘ kata Ismanullah lagi.

Selain itu juga ada penayangan video yel-yel dan video tugas yang sebelumnya telah diberikan dari tiap-tiap mentor kepada kelompoknya, dan peserta juga dituntut mengikuti post test, pre test, ice breaking, maupun focus group discussion yang betujuan untuk menguatkan kerjasama antarkelompok.

Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi antar GenBI Kepri komisariat UMRAH dan komisariat Politeknik Negeri Batam bersama dengan kantor perwakilan Bank Indonesia Kepulauan Riau. Seluruh panitia telah menjalani Rapid Test Antigen sebelum kegiatan sesuai protokol kesehatan.

”Selama kegiatan berlangsung, kendala yang dihadapi panitia yaitu kendala teknis seperti persiapan panitia karena jarak yang cukup jauh, sinyal, dan lainnya. Secara keseluruhan, Acara berlangsung dengan lancar, peserta sangat antusias meskipun diadakan secara virtual. Adapaun Harapannya, semoga kegiatan ini tetap dilaksanakan setiap tahunnya, dan semoga pandemic Covid-19 ini cepat berlalu agar kedepannya kegiatan ini dapat dilaksanakan secara offline, walaupun tahun ini diadakan secara online, tetapi Alhamdulillah kegiatan ini tetap dilaksanakan tanpa mengurangi esensi dari kegiatan ini,’’ tutur Ismanullah.

Selain itu, GenBI Kepri telah mengadakan banyak kegiatan, diantaranya peningkatan hardskill dan softkill, kegiatan sosial dan edukatif. (*)

Foto bersama panitia pelaksana LEAD GenBI Kepri 2021