Nasional

Polri Pastikan Tak Ada Seleksi Terhadap 57 Eks Pegawai KPK

Puluhan perwakilan 57 pegawai KPK yang diberhentikan dengan hormat oleh pimpinannya, berpose bersama sebelum meninggalkan gedung KPK (Kuswandi/JawaPos.com)

batampos.id – Mabes Polri masih mengkaji perihal rencana perekrutan 57 eks pegawai KPK yang tidak lolos Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Sejauh ini Polri memastikan jika mereka tidak akan melalui seleksi seperti perekrutan ASN pada umumnya.

“Tidak ada seleksi,” kata Kabag Penum Divisi Humas Mabes Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Selasa (12/10).

Ramadhan menuturkan, 57 eks pegawai KPK ini akan ditempatkan sesuai dengan kompetensinya masing-masing. Saat ini penggodokan tengah dijalankan seksama.

“Seperti kami katakan bahwa eks pegawai KPK itu bukan penyidik semua. Tentu penempatan disesuaikan dengan kompetensinya. Itu berdasarkan koordinasi antara SDM Polri, BKN dan KemenPAN-RB,” jelasnya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menyatakan siap merekrut 57 eks pegawai KPK menjadi ASN di Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dittipidkor) Bareskrim Polri. Tawaran ini merupakan solusi dari Sigit atas tidak dilantiknya mereka sebagai ASN KPK.

“Kami berkirim surat kepada pak Presiden untuk memohon terhadap 57 orang yang melaksanakan tes TWK yang tidak lulus dites dan tak dilantik ASN KPK untuk bisa kita tarik kemudian dan rekrut jadi ASN Polri,” kata Sigit kepada wartawan, Selasa (28/9).

Sigit menuturkan, usulan ini pun sudah disetujui oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Surat balasan dikirim oleh Kementerian Sekretariat Negara (Kemensesneg) pada 27 September 2021.

“Prinsipnya beliau setuju 56 orang pegawai KPK tersebut untuk menjadi ASN Polri,” imbuhnya.

Dalam surat tersebut Jokowi memberikan petunjuk untuk Polri berkoordinasi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN). Saat ini proses mekanisme perekrutan masih dinahas bersama. (*)

Sumber: JP Group
Editor : Jamil