Metropolis

15 Warga Binaan Lapas Batam Jalankan Program Asimilasi di Rumah

Pemberiaan asimilasi kepada warga binaan lapas batam

batampos.id– Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Batam kembali melaksanakan program asimilasi dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19, Selasa (12/10). Kali ada 15 warga binaan yang terima program asimilasi tersebut.

BACA JUGA: 569 Warga Binaan Lapas dan Rutan Divaksin

Pemberian asimilasi ini sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 24 Tahun 2021 tentang Syarat dan Tata cara Pemberian Asimilasi, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat bagi Narapidana dan Anak dalam rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Covid-19. Usai terima program asimilasi tersebut, ke 15 warga binaan tadi diarahkan ke Balai Pemasyarakatan guna sebagai pengawasan pelaksanaan Asimiliasi di rumah.

“Ini hak warga binaan yang sudah memenuhi syarat sesuai dengan Permenkumham nomor 24 tahun 2021. Segala proses program asimilasi ini dilaksanakan tanpa dipungut biaya (gratis),” ujar Kalapas Batam, Dannie Firmansyah.

Kepada mereka yang telah menerima program asimilasi tersebut, Dannie berharap agar dapat menjalankan asimilasi di rumah dengan baik dan tidak mengulangi perbuatan yang melanggar hukum kembali di luar. “Sudah banyak pembinaan yang kita laksanakan di dalam sini dan harapan saya agar mereka bisa kembali menjalani hidup dengan normal dan bisa berkreasi sesuai bakat dan minatnya masing-masing,” ujar Dannie.

Selain program asimilasi, untuk melawan penyebaran Covid-19, Lapas Batam juga menerapkan sejumlah aturan protokol kesehatan agar lingkungan Lapas bebas dari paparan Covid-19. Aturan ini diantaranya; peniadaan kunjungan atau besukan dari luar, melaksanakan program vaksinasi serta memperketat penerapan aturan protokol kesehatan baik bagi petugas ataupun warga binaan di dalamnya. (*)

 

REPORTER : EUSEBIUS SARA
editor: tunggul