Karimun

HUT ke-22, Karimun Sehat, Karimun Tumbuh

Foto bersama usai upacara HUT ke 22 Kabupaten Karimun

batampos.id – Pemerintah Kabupaten Karimun, Selasa (12/10) memperingati hari jadi kabupaten Karimun ke-22. Diawali dengan apel bersama dan upacara dalam rangka memperingati hari jadi kabupaten Karimun yang dilaksanakan di halaman kantor Bupati Karimun yang dipimpin langsung oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq. Dalam kesempatan tersebut, Aunur Rafiq menyampaikan pesan di hari jadi kabupaten Karimun ke-22 kali ini. Bahwa, sudah kali kedua di hari jadi kabupaten Karimun diperingati sangat -sangat secara sederhana, mengingat kondisi yang hingga sekarang masih pandemi Covid-19.

BACA JUGA: Nasrial Kembali Pimpin Baznas Karimun

” Melalui tema, Karimun Sehat, Karimun Tumbuh. Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh elemen masyarakat, yang telah bersama-sama menekan lajunya angka positif Covid-19,” ujarnya.

Di hari jadi kabupaten Karimun ini, kita masih tetap senantiasa menjaga persatuan dan kebersamaan yang dilandasi oleh budaya dan nilai kearifan lokal sebagai warisan para leluhur untuk menyongsong kemajuan zaman yang berdaya saing. Dengan menjaga, nilai-nilai kearifan lokal inilah, untuk menjadi spirit dan motivasi bagi seluruh masyarakat kabupaten Karimun untuk bangkit melawan pandemi covid-19 menuju masyarakat kabupaten Karimun yang tumbuh dan sehat.

” Saat ini kondisi ekonomi kabupaten Karimun terjadi melambat dikarenakan, pandemi Covid-19 yang berpengaruh terhadap PDRB kabupaten karimun. Namun pendapatan perkapita masyarakat kabupaten karimun masih di angka 56.78 juta rupiah pada tahun 2020,” terangnya.

Sementara itu, perkembangan Covid-19 di kabupaten Karimun, puncak kasus tertinggi terjadi pada bulan Agustus 2021 dengan jumlah kasus konfirmasi sebanyak 1.551 orang. Dan jumlah kasus meninggal sebanyak 64 orang. secara keseluruhan jumlah terkonfirmasi Covid-19 di kabupaten Karimun sampai bulan Oktober 2021 pasien positif Covid-19 sebanyak 5.447 orang, pasien sembuh sebanyak 5.260 orang dan pasien meninggal sebanyak 159 orang.

” Alhamdulillah, untuk kasus Covid-19 terus menurun sekarang ini. Tapi, tetap hari ikuti protokol kesehatan,” pesannya.

Sedangkan, pencapaian hasil pembangunan sepanjang tahun 2020 hingga 2021 ini yang menerima penghargaan diantaranya, Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2020 kategori utama, Kota Layak Anak (KLA) kategori pratama, pemenang kategori website terbaik data award tingkat Nasional untuk forom anak tingkat Kabupaten. Selanjutnya, penilaian skor tinggi dan sangat tinggi oleh provinsi kepri dan kemeterian dalam negeri terkait Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) tahun 2020, penghargaan WTP tahun 2020 untuk pengelolaan keuangan daerah dan terakhir, suatu capaian yang sangat berarti dan patut untuk kita apresiasi bersama yaitu pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di kabupaten Karimun telah melebihi capaian rata-rata vaksinasi nasional. berdasarkan perkembangan capaian vaksinasi di kabupaten karimun sampai bulan Oktober tahun 2021.

” Dosis 1 sebanyak 133.473 orang atau 77,79 persen untuk sasaran vaksinasi usia diatas 18 tahun dan sebanyak 21.717 orang atau 89,47 persen untuk sasaran vaksinasi usia 12 sampai 17 tahun. Kemudian, dosis 2 sebanyak 89.973 orang 52.44 persen untuk sasaran vaksinasi usia diatas 18 tahun dan sebanyak 12.788 orang 52.68 persen untuk sasaran vaksinasi usia 12 sampai 17 tahun. Inilah, bukti nyata mewujudkan ”karimun sehat, karimun tumbuh”,” ucapnya.(*)

Reporter : TRI HARYONO
Editor : tunggul