Karimun

235 Guru Honor Sekolah Negeri Lulus Jadi P3K

Ilustrasi guru honorer.(Istimewa)

batampos.id- Pemerintah Pusat telah mengeluarkan hasil ujian tahap pertama peserta guru honorer untuk sekolah negeri yang melamar untuk menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) pada Jumat (8/10) pekan lalu. Hasilnya dari 798 peserta yang ikut ujian yang lulus 235 peserta.

BACA JUGA: Hasil Seleksi PPPK Guru Honorer Diumumkan Pada 8 Oktober

”Data peserta P3K kita tidak pegang dan adanya di pusat. Sehingga ketika hasil kelulusan dan tidak lulus dikirimkan kepada kita tidak dalam bentuk hasil yang sudah jadi. Melainkan, masih secara global. Untuk itu, kita butuh beberapa hari melakukan verifikasi satu persatu mana yang lulus dan tidak lulus,” ujar Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun, Fajar Horison Abidin, Rabu (13/10).

Lulus di sini, lanjutnya, dibagi menjadi dua. Lulus dengan memenuhi nilai ambang Batam dan formasi terisi serta lulus dengan nilai ambang batas formasi tidak terisi. Untuk itu, kalau jumlah lulus dengan nilai dengan nilai ambang batas, maka semuanya ada 312 orang. Tapi, yang formasi terisi hanya 235 orang. Sedangkan, 77 orang pagi tidak terisi formasi. Bisa dikatakan formasinya habis.

”Jadi, yang benar-benar lulus tahap satu untuk menjadi P3K hanya 235 orang saja. Bagi peserta yang tidak lulus tetap bisa mendaftar kembali untuk mengikuti ujian tahap dua. Hanya saja akan bersaing dengan guru honor dari sekolah swasta. Begitu juga untuk 77 orang bisa mendaftar lagi. Hanya saja mau ikut ujiannya atau tidak juga boleh. Jika tidak ikut ujian, maka nilai yang dipakai adalah nilai ujian tahap pertama, hanya menunggu formasi yang didaftar. Kalau ikut ujian, maka nilai yang dipakai adalah nilai tertinggi. Misalnya, ujian tahap pertama dapat nilainya 480 dan ujian tahap kedua dapat nilainya 590. Yang dipakai nilainya hasil ujian tahap dua,” paparnya.

Dikatakan Fajar, formasi untuk P3K di Kabupaten Karimun jumlah semuanya 595 orang. Dengan sudah adanya peserta yang lulus 235, maka kuota formasi yang tersisa tinggal 360. Jadi, pada ujian tahap kedua dan ketiga, peserta akan memperebutkan sisa formasi itu saja. Dan untuk jumlah peserta ujian P3K tahap dua dan ketiga belum tahu berapa jumlahnya. Karena, data ada di pusat. Tapi, tidak menutup kemungkinan jumlahnya lebih dari seribu orang. (*)

Reporter: Sandi
editor: tunggul