Metropolis

BTP Buka Program Aplikasi Manajemen Perhotelan Dan Kewirausahaan

batampos.id – Kampus Politeknik Pariwisata Batam atau yang lebih dikenal dengan nama Batam Tourism Polytechnic (BTP) membuka program Aplikasi Perhotelan dan Kewirausahaan. Program ini bekerja sama dengan 12 hotel yang ada di Batam.

Jajararan BTP bersama Perwakilan Perhotelan saat Konfrensi Pers Program Aplikasi Manajemen dan Kewirausahaan, Kamis (13/10)

Direktur BTP M. Nur Nasution mengatakan program ini baru dimulai semester ini. Melalui program ini mahasiswa belajar langsung mengenai manajemen perhotelan dan kewirausahaan selama dua bulan.

“Jadi mereka mulai mengenai manajemen hotel tersebut. Mereka akan membayangi HRD, GM, dan lainnya. Tujuannya agar ilmu mereka bertambah, dan ketika menjadi tenaga profesional mereka langsung bisa menyesuaikan diri, dan sudah paham manajemen perhotelan. Ini bisa dibilang bekal bagi mereka,” kata dia, Rabu (14/10).

Mahasiswa diharapkan bisa berdaya saing dan mampu mengembangkan keahlian yang lebih baik dan tidak kalah dengan lulusan dari kampus lain. Nur mengungkapkan saat ini industri menginginkan SDM yang tanggap dan cepat menyesuaikan diri, sehingga ketika dilepas ke dunia kerja, mahasiswa bisa langsung paham dan mengerti dengan pekerjaan mereka.

“Kami percaya didikan dari pihak hotel ini akan membentuk mahasiswa berdaya saing, dan siap menjawab tantangan di industri pariwisata,” ujarnya.

Untuk Program Kewirausahaan pihaknya menggandeng beberapa pengusaha kuliner yang sudah terkenal di Batam. Menurutnya, mahasiswa ini disiapkan sedini mungkin terhadap tantangan di masa depan. Pertama bekerja sebagai tenaga profesional dan hal ini perhotelan, dan kedua menjadi wirausaha.

“Jadi bukan hanya job seeker tapi juga menciptakan lapangan kerja. Ini lah target dan harapan kami, meskipun saat ini sudah banyak mahasiswa yang sudah memulai berwirausaha, dengan hasil karya mereka sendiri. Kami menggandeng Baba Rafi, hingga pengusaha kuliner di Malaysia untuk menjadi mentor bagi mahasiswa demi pengembangan kewirausahaan ini,” bebernya.

Ketua DPD IHGMA Kepri, Yeyen Heryawan mendukung program aplikasi manajemen perhotelan dan kewirausahaan ini. Mahasiswa dibimbing untuk belajar memahami manajemen perhotelan, pihaknya bersama hotel lainnya siap menghasilkan SDM yang berdaya saing.

“Kami siap mendukung dan memberikan yang terbaik, mulai dari pengetahuan dan sistem yang bisa diserap dari mahasiswa BTP. Peningkatan kapasitas diharapkan bisa berdaya saing dan membantu penyerapan SDM ke industri terutama perhotelan,” imbuhnya.

Program ini bekerja sama dengan hotel yang ada di Batam seperti Aston, Beverly, four points, AsiaLink, Ibis, Kings hotel, Noble, kampus merdeka, Panbil residen, dan lainnya.

 

 

Reporter : YULITAVIA