Politika

Ini Penjelasan Golkar Soal Pencalonan Airlangga Jadi Capres Jauh-jauh Hari

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

batampos.id – Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadziliy menjelaskan alasan partainya sudah mencalonkan ketua umumnya Airlangga Hartarto sebagai capres dari jauh-jauh hari.

Hal itu lantaran salah satu fungsi partai politik adalah melakukan rekruitmen kepemimpinan. Nah saat ini kader melihat Airlangga mumpuni untuk diusung menjadi capres dari Partai Golkar.

“Alangkah lebih baiknya jika memang ada kader-kader yang terbaik yang ditonjolkan atau di calonkan oleh partai politik tersebut, supaya dapat menduduki posisi posisi strategis dalam kepemimpinan baik di tingkat pusat, maupun di tingkat daerah,” ujar Ace dalam diskusi di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (14/10).

Wakil Ketua Komisi VIII DPR ini juga sudah sejak awal Partai Golkar mencalonkan Airlangga Hartarto sebagai capres. Hal itu karena keinginan kader Partai Golkar berdasarkan Munas 2019.

“Konteks Pilpres 2024 nanti kami memang sudah dari sejak awal dalam posisi untuk mencalonkan Airlangga Hartarto sebagai calon presiden tersebut,” katanya.

Sehingga menurut Ace, bukan Airlangga Hartarto yang menginginkan untuk diusung menjadi capres di Pilpres 2024 mendatang. Hal itu lantaran keinginan kader yang ingin melihat ketua umumnya berkompetisi di hajatan lima tahunan.

“Keputusan musyawarah nasional dan keputusan musyawarah nasional ini bukan keinginan Bapak Airlangga, tetapi itu adalah keinginan dari semua aspirasi dari semua peserta Munas dari mulai tingkat kabupaten kota hingga provinsi,” ungkapnya.

Atas dasar itu, Ace menuturkan kehendak kader Partai Golkar tersebut menjadi keputusan organisasi dari partai berlogo pohon beringin ini dalam mengusung Airlangga Hartarto.

“Dan keputusan tersebut telah ditegaskan kembali di dalam rapat pimpinan nasional dan dalam rapat kerja nasional tahun 2021 yang lalu pada bulan Maret,” pungkasnya. (*)

Sumber: JP Group
Editor: Jamil Qasim