Bintan-Pinang

Kota Tanjungpinang Peroleh APE Tingkat Utama

Rustam

batampos.id– Kota Tanjungpinang memperoleh penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tingkat utama atas pencapaian keadilan dan kesetaraan gendre. Kepala Dinas Pembedayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Tanjungpinang, Rustam anugerah APE tingkat utama yang diterima itu naik dari tahun 2020 yaitu tingkat madia, keberhasilan itu berkat komitmen pemerintah terhadap penyelenggaraan pemerintah yang responsif terhadap gender. “Alhamdulillah tahun ini kita naik ke tingkat utama,” kata Rustam, Rabu (13/10).

BACA JUGA: Penghargaan APE: Kepri, Bintan, Karimun, Natuna, Tanjungpinang Raih Utama; Batam Dapat Madya; Anambas, Pratama

Dijelaskan Rustam, kesetaraan gender di Tanjungpinang dalam hal indeks pembangunan dan pemberdayaan gendre saat ini sudah bagus, bahkan sudah masuk di atas rata-rata nasional, termasuk di Kepri juga salah satu yang memiliki pencapaian yang tinggi.

“Penghargaan ini menyangkut akses partisipasi, Kontrol, manfaat pembangunan gender oleh seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan sektor pembangunan lainnya,” papar Rustam.

Saat bersamaan, lanjut Rustam saat ini Pemko Tanjungpinang juga meraih penghargaan Kota Layak Anak (KLA) tingkat madya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Terdapat beberapa indikator yang terbagi dalam lima kelompok yang menjadi penilaian dalam pencapaian tingkatan, pertama pemenuhan hak sipil dan kebebasan, kedua pengasuhan keluarga dan pengasuhan alternatif, ketiga kesehatan dasar dan kesejahteraan keempat pendidikan, pemanfaatan waktu luang, kelima perlindungan khusus anak

“Untuk peningkatan ke tingkat utama kita sudah lakukan beberapa inovasi seperti bimbingan pada anak yang mendapat dispensasi nikah.” ujarnya.¬†Anak yang mendapat dispensasi nikah itu, dibimbing karena akan menjadi orang tua dan memiliki anak nantinya. (*)

Reporter : Peri Irawan
editor: tunggul