Home

Lahan Seluas 1,5 Hektare di Lobam Terbakar

Petugas saat berusaha memadamkan kebakaran di lahan milik PT. SBP Lobam, Bintan, Kamis (14/10). F.Slamet Nofasusanto

batampos.id– Kebakaran hutan dan lahan kembali terjadi di Bintan. Kali ini lahan seluas lebih kurang 1,5 hektare terbakar di jalan Raya Busung, Blok I.5 Kelurahan Teluk Lobam, Seri Kuala Lobam, Kamis (14/10) siang.

BACA JUGA: 5 Hektare Lahan di KM 14, Tanjungpinang Terbakar

Kepala UPT Damkar Marsadi melalui Kasubbag TU, Panyodi mengatakan, awalnya seorang chif sekuriti PT. SBP Lobam, Parno dalam perjalanan pulang melihat asap tebal membumbung tinggi di langit.

Tidak hanya itu, asap tebal akibat kebakaran juga menganggu jarak pandang penggendara. “Kepala sekuriti PT. SBP Lobam, Pak Parno langsung menghubungi petugas patroli untuk mengecek ke lokasi,” kata Panyodi.

Ternyata setelah dicek, lahan yang terbakar lahan milik PT. SBP Lobam. Mereka berusaha memadamkan api sendiri. Akan tetapi cuaca panas dan angin kencang membuat mereka kewalahan dalam memadamkan si jago merah. “Pak Parno lalu meminta bantuan Damkar,” katanya.

Setelah menerima laporan, Damkar menerjunkan 10 petugas dengan satu unit mobil pemadam dan satu unit mobil tangki.

Tidak sampai satu jam kemudian, api berhasil dipadamkan berkat usaha petugas Damkar dibantu petugas patroli kawasan industri dan Kepolisian.

“Tidak ada kendala, api berhasil dipadamkan walaupun kami sempat pindah dua kali ketika memadamkan api,” tukasnya.

Kapolres Bintan, AKBP Tidar Wulung Dahono mengingatkan masyarakat agar tidak membuka lahan dengan dibakar karena risikonya bisa menimbulkan kebakaran hutan dan lahan.

Selain itu, masyarakat tidak membuang puntung rokok sembarangan, karena cuaca yang panas seperti sekarang dapat menyulut api sehingga menimbulkan karhutla. (*)

Reporter: Slamet
editor: tunggul