Bintan-Pinang

Polisi Imbau Warga Waspadai Pinjol Ilegal

batampos.id– Kasat Reskrim Polres Bintan, AKP Dwihatmoko mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap pinjaman online (pinjol) ilegal. “Perhatikan dengan benar perusahaan pinjol yang menawarkan pinjaman,” ujar Dwihatmoko, Kamis (14/10).

BACA JUGA: Operasi Yustisi, Polisi Sasaran Warga Tak Patuh Protokol Kesehatan

Menurutnya, perusahaan pinjol yang legal adalah perusahaan yang diakui oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Masih menurut Dwihatmoko, perusahaan pinjol yang legal hanya bisa mengakses microphone, kamera dan lokasi.

“Kalau pinjol yang ilegal biasanya langsung bisa mengakses kontak handphone peminjam,” katanya.

Lebih lanjut Dwihatmoko mengatakan, perusahaan pinjol yang ilegal biasanya tidak sesuai aturan sebagaimana diatur dalam POJK77/POJK.01/2016 tentang penyelenggaraan jasa layanan pinjam meminjam berbasis teknologi.

Kasat Reskrim Bintan, AKP Dwihatmoko. (F.Slamet Nofasusanto/batampos.id)

“Kalau perusahaan pinjol yang ilegal biasanya meneror orang-orang yang ada dalam kontak peminjam. Kontak-kontak tersebut didapat dari akses kontak peminjam ketika hendak meminjam,” ujarnya.

Dia kembali mengimbau masyarakat untuk mengecek perusahaan pinjol yang legal dengan mengakses ke www.ojk.go.id atau menghubungi contact centre nomor dengan whatsapp 081157157157.

“Hingga saat ini kita belum ada menangani kasus pinjol ilegal. Tapi kalau ada yang menjadi korban perusahaan pinjol ilegal, segera laporkan ke kami,” tukasnya. (*)

 

Reporter: SLAMET NOFASUSANTO
editor: tunggul