Metropolis

Satu Rumah Ludes Terbakar di Marina Garden, Tanjunguncang, Pemadam Lama Tiba karena Akses Jalan Ada Portal

Satu rumah di blok J nomor 13 RT 04/RW 12 perumahan Marina Garden, Kelurahan Tanjunguncang, Batuaji ludes dialalap si jago merah, Kamis (14/10).

batampos.id-Satu rumah di blok J nomor 13 RT 04/RW 12 perumahan Marina Garden, Kelurahan Tanjunguncang, Batuaji ludes dilalap si jago merah, Kamis (14/10). Kebakaran terjadi sekira pukul 01.00 wib dini hari.

BACA JUGA: Seperti Film Horor, Kebakaran Hutan Terjadi di Yunani

Dalam kebakaran ini tidak ada korban jiwa. Tetapi rumah dan se isi rumah tidak bisa diselamatkan lagi. Semua hangus baik itu tv, peralatan dapur, baju, lemari, kursi dan lain sebagainya.

Ketua RT 04 RW 12 perumhan Marina Garden, Sahrial mengatakan, tidak ada korban jiwa, kejadian sangat cepat. ”Api tiba- tiba saja melambung tinggi tampak apinya,” tuturnya.

Masih kata Sahrial, api datang dari plafon. ”Bunyi kretek..kretek kayak suara tikus. Lama- lama kok makin keras dan makin panas kok terang, rupanya api. Begitu pemilik rumah tahu api langsung menyelamatkan gas karena takut meledak,” ujarnya

Menurutnya, pemilik rumah atas nama Burhan yang mengontrak. Dimana istrinya posisi pulang kampung. Burhan berdua sama anaknya tinggal di rumah tersebut. Saat kejadian Burhan tidur sama anaknya dirumah tamu.

Warga yang mengetahui kejadian langsung memberi pertolongan sekalian berteriak membangunkan warga lainnya.

Rika, warga sekitar menambahkan, sebagian warga menyiram dari belakang rumah supaya tidak merembet ke rumah lain. Ada membantu menyelamatkan barang- warga dari sijago merah.

Paling ditakuti lagi itu merembet Ke rumah warga yang lain. Karena memadamkan api hanya dengan ember. ”Sementara pemadam kebakaran lama datangnya rumah sudah keburu hangus,” paparnya.

Menurutnya, lamanya pemadam tiba di lokasi karena harus mencari jalan masuk. Sebab di jembatan perumahan Barelang akses masuk ke lokasi sudah dipasang portal permanen.

”Jadi sekelas pemadam tidak bisa masuk. Terpaksalah pemadam memutar arah ke cipta 2. Memutar arah ini memakan waktu setengah jam. Coba bila tidak di portal mungkin masih ada yang bisa terselamatkan barang- barangnya. Ini pemadam sampai tinggal bara rumahnya,” tutur Rina warga Marina Garden.

Masih kata Rina, dia mengeluhkan portal tersebut karena pas darurat seperti ini sangat dibutuhkan akses cepat untuk pemadam. Kalau bisa jangan terulang lagilah. ”Pihak RT/ RW, tokoh masyarakat dan tokoh agama mencari solusilah dibantu oleh Kelurahan,” bebernya.

Bila tidak diportal kan jadi bisa tertolong lebih cepat bila ada warga yang kena musibah di perumahan sekitarnya. Dulu juga pernah ambulan nyangkut di portal tesebut. Ambulan rsbp yang besar dan panjang. Jadi tidak bisa masuk ke perumahan mengantar orang sakit dan meninggal.

Lurah Tanjunguncang, Anwaruddin menanggapi keluhan warga tersebut. Dia akan memanggil RT/RW perumahan Marina Garden dan Barelang dan berkordiansi dengan pihak kepolisian. Supaya ada akses buat pemadam dan ambulance.Yang bersifat urgensi lah. Apakah portalnya dibuka atau dipasang gembok, turtur calon Sekcam Batuaji ini. (*)

Reporter : Dalil Harahap
Editor : Tunggul