Karimun

Dukung PEN di Karimun, Imigrasi Sosialisasikan Pemberian Visa dan Izin Tinggal Bagi Tenaga Kerja

foto terkirim //
Kepala Seksi Lalu Lintas dan Izin Tinggal Keimigrasian Kanim Tanjung Balai Karimun Ahmad Triesna Yanda ketika melakukan tanya jawab dari peserta tentang pemberian visa dan izin tinggal keimigrasian dalam masa penanganan penyebaran Covid-19 dan PEN.f.TRI HARYONO

batampos.id- Dalam rangka menunjang Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Balai Karimun melakukan sosialisasi peraturan menteri hukum dan hak asasi manusia Republik Indonesia nomor 34 tahun 2021. Tentang, pemberian VISA dan izin tinggal keimigrasian dalam masa penanganan penyebaran Covid-19 dan PEN.

BACA JUGA: 2021, Imigrasi Tanjungpinang Cetak 300 Paspor, Layanan Eazy Passport Dihentikan Sementara 

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Balai Karimun Lutfi mengatakan, sosialisasi sangatlah penting dimana wilayah kabupaten Karimun yang berbatasan langsung dengan negara tetangga. Termasuk, daerah investasi yang banyak mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (TKA). Sehingga, pemberian VISA dan izin tinggal keimigrasian sangatlah penting.

” Pesertanya, ada dari perwakilan beberapa instansi pemerintah, perusahaan pengguna TKA dan media massa,” terangnya, Kamis (14/10).

Sedangkan, untuk narasumber sendiri yaitu Kepala Seksi Lalu Lintas dan Izin Tinggal Keimigrasian Kanim Tanjung Balai Karimun Ahmad Triesna Yanda. Dengan melakukan pemaparan terhadap peraturan menteri hukum dan hak asasi manusia RI nomor 34 tahun 2021. Tentang, pemberian VISA dan izin tinggal keimigrasian dalam masa penanganan penyebaran Covid-19 dan PEN.

” Dari hasil sosialisasi tersebut, kita harapkan dapat memberi kesamaan persepsi dan pemahaman terkait Permenkumham Nomor 34 Tahun 2021 tentang Pemberian Visa dan Izin Tinggal Keimigrasian dalam masa penanganan penyebaran Covid-19 dan PEN. Serta, Kepmenkumham nomor M.HH-02.GR.01.05 tahun 2021 tentang jenis kegiatan orang asing dalam rangka pemberian visa selama masa penanganan penyebaran Covid-19 dan PEN,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Seksi Lalu Lintas dan Izin Tinggal Keimigrasian Kanim Tanjung Balai Karimun Ahmad Triesna Yanda saat berdiskusi dan tanya jawab dari peserta. Ia mengungkapkan, hingga sekarang kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Balai Karimun terus membuat inovasi-inovasi untuk mempermudah masyarakat dalam proses pembuatan paspor. Mulai dari permohonan paspor yang bisa diantar langsung ke rumah, hingga pembuatan paspor secara kolektif.

” Mengingat saat ini masih pandemi Covid-19. Maka, kita mendukung pemerintah untuk menekan angka penyebaran Covid-19 dengan cara menjemput bola bagi masyarakat yang ingin membuat paspor,” tuturnya.

Dari berbagai pertanyaan yang diajukan oleh peserta, mulai dari bagaimana proses TKA yang sedang melakukan pekerjaan di Karimun untuk izin tinggalnya. Kemudian, kontak person untuk pengajuan perpanjangan vias, hingga proses WNA yang ingin melakukan penyatuan keluarga. semuanya, bisa diproses dengan ketentuan yang berlaku.

” Jadi untuk WNA tidak kita persulit. Bapak dan Ibu, yang saat ini diperusahaannya sedang mempekerjakan TKA bisa mengajukan permohonan untuk izin tinggal keimigrasian. Maupun yang lainnya, agar bisa secepatnya dapat Pemulihan Ekonomi Nasional di Karimun ini,” ucapnya. (*)

Reporter : TRI HARYONO
Editor : tunggul