Metropolis

Lelang SPAM Batam Kembali Dimulai, Pendaftaran Dibuka hingga 29 Oktober

batampos.id – Lelang Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Batam kembali dibuka, Jumat (15/10) lalu. Setelah sempat dikabarkan diulang pada Agustus lalu, tahapan awal berupa pendaftaran lelang SPAM akan berlangsung hingga 29 Oktober mendatang. Lelang ini dibagi dua yakni yakni lelang SPAM hulu dan hilir.

foto: Dalil Harahap / Batam Pos

Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol BP Batam, Ariastuty Sirait, mengatakan, calon peserta lelang SPAM dapat mengunduh form pendaftaran dan surat kuasa melalui website http://www.bpbatam.go.id.

”Form pendaftaran dan surat kuasa yang sudah diisi dan ditandatangani dapat diunggah ke email: [email protected] dan atau [email protected],” kata Tuty, sapaan akrabnya, Minggu (17/10/2021).

Sedangkan untuk lelang SPAM hulu, pada alamat email-nya tinggal diganti dari hilir dengan hulu. Kemudian, panitia lelang akan mengirimkan dokumen prakualifikasi ke alamat email peserta.

”Tahap selanjutnya yakni Aanwijzing atau penjelasan pada 22 Oktober mendatang,” ujarnya lagi.

Syarat utama kualifikasi yang harus dipersiapkan peserta yakni, peserta memiliki pengalaman dalam pengelolaan SPAM di Indonesia dengan kapasitas minimal 3.000 liter per detik dalam rentang 10 tahun terakhir.

Kemudian, peserta dapat berbentuk sebagai badan usaha tunggal atau konsorsium. Kemudian memiliki surat izin usaha yang menampilkan kegiatan yang bergerak dalam bidang pengelolaan air minum. Minimal satu perusahaan, apabila tergabung dalam konsorsium. Dan terakhir, memiliki kemampuan pembiayaan dalam pengelolaan SPAM.

Karena penundaan lelang tersebut, BP Batam saat ini telah memperpanjang kontrak kerja sama dengan PT Moya Indonesia dalam pengelolaan SPAM Batam, sampai nantinya proses lelang selesai.

BP Batam akan menjalin kerja sama dengan dua perusahaan berbeda yang akan mengelola hulu dan hilir pengelolaan SPAM Batam, lewat lelang SPAM ini. Adapun, penundaan lelang SPAM sebelumnya, terjadi karena ada beberapa perusahaan yang melakukan sanggah. Dan sanggahannya itu diterima panitia lelang. (*)

 

 

Reporter : Rifki Setiawan
Editor : RATNA IRTATIK