Politika

Cak Imin Siap Maju Jadi Capres di Pilpres 2024

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. (Istimewa)

batampos.id – Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) terang-terangan menyatakan kesiapannya untuk maju sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Menurutnya, Pilpres 2024 sebagai tantangan bagi dirinya untuk maju sebagai capres. Kendati begitu, Wakil Ketua DPR RI ini mengaku tidak mau tergesa-gesa dalam mengambil langkah.

”Ya saya rasa itu sebagai tantangan, saya siap. Tapi harus bersabar dulu karena Pilpres masih lama. Kita tunggu perkembangan nanti seperti apa terkait peta politiknya,” ujar Cak Imin dalam keterangannya, Selasa (19/10).

Wakil Ketua DPR RI ini menyatakan bahwa selama ini kader PKB di seluruh daerah mengharapkan dan mendukung agar dirinya maju sebagai capres di tahun 2024.

Karena itu, PKB akan terus menggalang kekuatan dengan partai politik lainnya untuk berkoalisi. Sebab, PKB tidak bisa mengusung calon sendiri di Pilpres 2024 sehingga harus berkoalisi dengan parpol lain.

”Hingga saat ini, kepengurusan PKB di daerah-daerah masih solid. Dan jika nantinya maju maka untuk mencari figur capres, PKB akan berkoordinasi dengan parpol lainnya untuk berkoalisi,” katanya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid mengatakan bahwa memang benar ada keinginan dari para kader dan pengurus DPC maupun DPW agar pada Pilpres 2024 mendatang PKB bisa mengusung Cak Imin sebagai capres.

Namun, secara kebijakan partai belum ada keputusan final. Sebab, PKB tidak mungkin mengusung capres sendiri tanpa berkoalisi dengan parpol lain.

Karena itu, PKB membuka semua kemungkinan untuk berkomunikasi dengan parpol lain, termasuk nantinya untuk membicarakan pasangan capres maupun cawapres. Gus Jazil menegaskan bahwa PKB sebagai partai yang moderat bisa membuka komunikasi dengan partai politik manapun. (*)

Sumber: JP Group
Editor : Jamil