Ekonomi & Bisnis

Disperindag Pemko Batam Tak Tahu Harga Daging Ayam Mahal

batampos.id – Harga ayam potong segar di pasaran Batam terus melambung hingga mencapai Rp 40 ribu per kilogram (kg). Kenaikan harga ayam ini disinyalir karena naiknya harga pakan ternak serta menipisnya stok ayam.

Ironisnya, kenaikan harga ayam yang sudah berlangsung sekitar sebulan terakhir, tak diketahui oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam, selaku perwakilan pemerintah yang memantau volatilitas harga di Batam.

F. Iman Wachyudi/Batam Pos
Warga membeli ayam potong segar di Pasar Botania I, Batam Center, Minggu (17/10). Harga ayam di pasar tradisional cukup mahal.

Di Pasar Botania I, Batam Center, kenaikan harga ayam ini cukup membuat kaget. Sebab, dari harga ayam segar yang sempat turun Rp 28 ribu per kg sekitar sebulan lalu, kini naik la­gi menjadi Rp 40 ribu per kg.

”Naiknya tak langsung Rp 40 ribu, tapi berangsur. Dari Rp 28 ribu itu sempat naik Rp 33 ribu, kemudian Rp 35 ribu, lalu Rp 38 ribu. Nah, sekarang baru Rp 40 ribu,” ujar Agus, salah satu penjual ayam potong segar di Pasar Botania I, kemarin.

Menurut dia, ayam potong yang dijual berasal dari peternak di Barelang. Saat ini, stok ayam mulai menipis sehingga terjadi lonjakan harga. Salah satu indikasinya, karena harga pakan ternak yang mulai tinggi.

”Ini ayam potong Barelang, dari peternak bilang, stok ayam menipis, makanya harga tinggi,” imbuh Budi, pedagang ayam lainnya.

Tingginya harga ayam potong, menurutnya tak terlalu berpengaruh terhadap daya beli masyarakat. Sebab, saat ini harga lauk pauk lainnya, seperti ikan dan udang, juga Cukup tinggi.

”Pembeli tetap seperti biasa, cuma pada nanya kenapa harga ayam naik lagi. Ya saya jelaskan. Tak hanya ayam, ikan dan kawan-kawan juga naik,” ujarnya.

Hal senada dikatakan Raja, penjual ayam potong lainnya di pasar tersebut. Menurutnya, harga ayam tinggi sudah dari peternak di Barelang.

”Setahu saya ayam segar ini dari Barelang, karena saya ambil di sana. Stok di sana sedikit makanya harga naik,” kata Raja.

Di beberapa pasar lainnya, seperti Pasar Mega Legenda, Pasar Nongsa, Pasar Mustafa Plaza, pasar Mitra Raya, serta beberapa pasar di wilayah Batuaji dan Tiban, harga ayam potong segar ini dijual berkisar Rp 37-39 ribu per kg.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Disperindag Kota Batam, Gustian Riau, mengaku belum dapat informasi mengenai kenaikan harga ayam potong dan ikan.

”Nanti coba saya kroscek dulu informasi ini, setahu saya aman,” pungkas Gustian. (*)

 

 

Reporter : Yashinta
Editor : RATNA IRTATIK