Ekonomi & Bisnis

Pemerintah Cari Obat Covid-19 hingga ke Luar Negeri

Pemko Tanjungpinang terus gesa vaksinasi warga untuk membentuk kekebalan kelompok. F. Peri Irawan

batampos.id – Menteri Koordinasi bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, pemerintah saat ini sedang mengupayakan pengadaan beberapa alternatif obat Covid-19. Hal itu sebagai upaya dalam mengakhiri pandemi Covid-19.

“Saat ini saya bersama dengan Menteri Kesehatan (Budi Gunadi Sadikin/BGS) sedang berada di Amerika Serikat untuk melakukan pertemuan dengan Merck mengenai obat Molnupiravir,” ujarnya secara virtual, Senin (18/10).

Luhut mengatakan, selain Molnupiravir dari Merck, saat ini terdapat obat Proxalutamide yang sedang dalam tahap uji klinis ketiga di Indonesia dan sedang berproses di BPOM. Sedangkan alternatif lainnya adalah AT-527 yang dikembangkan oleh Roche and Athea.

BACA JUGA: Obat Covid Made in Indonesia Mampu Matikan Virus hingga 90 Persen

“Ketiga obat tersebut menunjukkan potensi untuk menjadi obat Covid-19,” ucapnya.

Namun, Luhut menegaskan bahwa pemerintah tidak sekadar menjadi pembeli. Pemerintah berharap produsen obat tersebut dapat berinvestasi di Indonesia.

“Dapat sampaikan bahwa kita tidak ingin hanya sekadar menjadi pembeli. Kita harapkan produsen obat tersebut melakukan kerja sama, melakukan investasi dan produksinya di Indonesia,” pungkasnya. (*)

Reporter: JPG Group
Editor: Suprizal Tanjung