Bintan-Pinang

1.500 Pedagang di Tanjungpinang Terima Bantuan Tunai

Dandim 0315/Bintan, Kolonel Inf I Ketut Artasuyasa saat penyerahan bantuan secara simbolis, Selasa(19/10) . F. Humas Kodim

batampos.id– Sebanyak 1.500 pedagang kaki lima dan warung (BTPKLW) di Kota Tanjungpinang terima bantuan tunai senilai Rp 1,2 juta. Penyerahan bantuan tunai dari pemerintah pusat itu dilakukan secara simbolis di Makodim 0315 Bintan, Selasa (19/10) kemarin.

BACA JUGA: 4.000 Pelaku UMKM di Kepri masih Menunggu Program Bantuan tanpa Bunga

Komandan Kodim (Dandim) 0315/Bintan, Kolonel Inf I Ketut Artasuyasa mengatakan bantuan tunai bagi pedagang kaki lima dan warung yang disalurkan itu akan diterima sebanyak 1.500 pelaku usaha. Penyaluran bantuan itu dilakukan secara bertahap hingga 4 November 2021 mendatang.

“Penyalurannya sudah berjalan 4 hari lalu. Dan sudah diterima sekitar 550 pelaku usaha. Sisanya kita gesa secepatnya. Karena, kami diberi waktu dari Mabes TNI maksimal 4 November selesai dibagikan,” kata Dandim, Selasa (19/10) kemarin.

Dikatakan Dandim, bantuan dari pemerintah pusat melalui Kodim ini bertujuan untuk mempercepat pelaksanaan penyaluran bantuan tunai agar bisa digunakan oleh para penerima untuk menjadi modal usaha.

“Bantuan yang diserahkan tunai agar berguna menambah modal berjualan. Tidak ada potongan, yang diterima murni Rp1,2 juta. Kalau ada oknum tertentu mempengaruhi ada pemotongan, laporkan ke kami,” tegas Dandim.

Salah satu pedagang kue kering, Rusmini (51), warga Kijang Lama Tanjungpinang, mengaku bersyukur menerima bantuan yang disalurkan TNI itu karena selama pandemi belum pernah mendapat bantuan usaha, sementara penghasilan yang didapatkan dari berjualan kue kering dan peyek yang dititipkan ke warung-warung hanya cukup belikan bahan dan kebutuhan sehari-hari.

“Alhamdulillah, senang dapat bantuan ini. Dengan bantuan ini, saya bisa membeli bahan-bahan jualan lebih banyak lagi,” tutur Rusmini. (*)

Reporter : Peri Irawan
editor: tunggul