Internasional

Gantikan Merkel, Olaf Scholz Dilantik jadi Kanselir Jerman 6 Desember Mendatang

Kanselir Jerman terpilih dari Partai Sosial Demokrat (SDP) Olaf Scholz akan dilantik Minggu (6/12/2021) mendatang. ( F Michael Sohn/AP via DW)

batampos.id – Olaf Scholz akan menggantikan kanselir Angela Merkel. Dia akan dilantik menjadi kaselir baru Jerman sebelum natal, yakni pada Minggu 6 Desember 2021 mendatang.

Hal ini sesuai dengan keputusan pemimpin tiga partai koalisi, yang menyatakan pembicaraan terkait hasil pemilihan kanselir akan berakhir pada akhir November dan melantik Olaf Scholz sebagai Kanselir di awal Desember.

Lars Klingbeil, Sekretaris Jenderal Partai Sosial Demokrat (SPD) mengatakan, sebanyak 22 kelompok kerja dari SPD, Green Party, dan FDP saat ini tengah bekerja. “Diharapkan selesai pada 10 November nanti,” ujarnya seperti dikutip dari Deutsche Welle, Jumat (22/10/2021).

Pernyataan Lars tersebut didukung para pejabat senior partai lainnya yang berkoalisi.

Pemilihan nasional bulan lalu menunjukkan blok konservatif Angela Merkel terdegradasi ke posisi kedua setelah Merkel yang masih dicintai rakyat Jerman itu memilih tidak mencalonkan diri untuk masa jabatan kelimanya.

Sementara Partai Hijau dan SPD dipandang satu aliran dalam ideologis progresif, sedangkan FDP secara historis lebih dekat dengan kaum konservatif.

Meskipun demikian, pembicaraan awal antara ketiga pihak menghasilkan kesepakatan tentang peta jalan 12 halaman untuk kesepakatan koalisi, yang berisi janji tentang perlindungan perubahan iklim serta pajak dan upah minimum, yang akan dimasukkan ke dalam program kebijakan pemerintah. (*)

Reporter: Chahaya Simanjuntak
Editor: Tunggul Manurung