Karimun

Jadi Pembicara Pelajaran Ekstrakurikuler, Serda Sudiro Edukasi Pelajar SMP Muhammadyah tentang Wawasan Kebangsaan

Serda Sudiro foto bersama guru guru

batampos.id – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah, Jumat (22/10) pagi kedatangan Babinsa Sungai Lakam Koramil 01/Balai yang dipimpin oleh Serda Sudiro dalam rangka memberikan edukasi tentang wawasan kebangsaan dalam rangka penanggulangan dampak Covid-19. Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah Yuli Elviza mengatakan, setiap hari Kamis dan Jumat di sekolah SMP Muhammadyah jadwal pelajaran ekstrakurikuler. Dan, kebetulan kali ini kedatangan dari Babinsa Sungai Lakam Koramil 01/Balai yang memberikan pemahaman atau edukasi kepada anak didiknya tentang wawasan kebangsaan.

BACA JUGA: Dewas Tak Pernah Dilibatkan Dalam Tes Wawasan Kebangsaan Pegawai KPK

” Alhamdulillah, kegiatan ekstrakurikuler cukup banyak kita lakukan di sekolah. Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan bagi anak didik maupun guru pengajar,” terangnya.
Dengan adanya, edukasi tentang wawasan kebangsaan tersebut diharapkan bisa diserap oleh para siswa dan siswi. Sehingga, mereka bisa tertanam dalam lubuk hatinya untuk tetap mencintai NKRI secara utuh. Dimana, hingga sekarang ada 86 pelajar yang mana saat ini proses belajar mengajar seperti biasa. Seperti hari Senin hingga Rabu proses belajar mengajar didalam kelas, kemudian hari Kamis dan Jumat ekstrakurikuler.

” Untuk proses belajar mengajar seperti biasa, mulai pukul 07.30 WIB hingga 12.30 WIB,” ujanya. Sementara itu Babinsa sungai lakam 01/ Balai Serda Sudiro menuturkan, inti materi wawasan kebangsaan adalah untuk memupuk rasa cinta terhadap tanah air dan kedisplinan. Ini sebagai bentuk kepedulian TNI dalam pembinaan karakter generasi muda, anak-anak bangsa secara dini.

” Generasi muda harus mampu menghadapi tantangan dimasa yang akan datang. Terutama, semangat persatu dan kesatuan dalam wadah NKRI,” pesannya.

Terpisah, Wanda salah seorang pelajar mengungkapkan bahwa dirinya menyambut baik tentang wawasan kebangsaan. Agar bisa, memberikan informasi kepada teman-temannya supaya tetap bersatu. ” Bagus kok. Jadi, bisa memberikan pemahaman kepada kawan-kawan saya agar tidak terpecah belah. Dikarenakan, sesuatu hal atau beda pendapat yang harus dapat diselesaikan dengan kepala dingin,” ucapnya.(*)

Reporter : TRI HARYONO
Editor : tunggul