Bintan-Pinang

Melanggar Batas Izin Tinggal, Dua WNA Dideportasi

Dua WNA dideportasi karena melebihi batas izin tinggal. f. Rudenim Pusat Tanjungpinang

batampos.id – Dua Warga Negara Asing (WNA) yakni Sendi Moses asal Uganda dan Emmanuel Chimezie Ezewnadi asal Nigeria, dideportasi ke negaranya masing masing. Dua WNA tersebut dideportasi karena telah melebihi batas izin tinggal di Indonesia.

BACA JUGA: Terlibat Pencurian Ikan, 34 Awak Kapal Asing Dideportasi

Kepala Seksi Pemulangan dan Deportasi Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Pusat Tanjungpinang Kristian, mengatakan pihaknya menahan Sendi Moses sejak 21 Mei 2021. Sedangkan Chimezie Ezewnadi ditahan sejak 8 Oktober 2021. “Dua WNA ini melanggar ketentuan pasal 78 ayat 3 Undang undang Nomor 6 tahun 2011 Tentang Keimigrasian Indonesia,” terangnya.

Pihak imigrasi, lanjut Kristian, telah berkoordinasi dengan perwakilan negara masing-masing WNA di Jakarta terkait keberadaan, penahanan serta deportasi yang dilakukan. “Dua WNA ini akan dibawa ke Jakarta untuk dilakukan administrasi deportasi,” jelasnya.

Selanjutnya dua WNA tersebut akan dipulangkan ke negara asal dan diawasi oleh tiga petugas imigrasi. “Pengawasannya di Jakarta telah sesuai ketentuan yang ada,” tutup Kristian. (*)

Reporter : YUSNADI NAZAR
editor: tunggul