Karimun

KPM se Kecamatan Moro Terima KKS BPNT, Saldo KKS Boleh Ditukarkan Beras

Penyerahan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) terdampak pandemi Covid 19 di Gedung Sri Baiduri.

batampos.id – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Karimun menyalurkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dari Kementerian Sosial (Kemensos) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) se Kecamatan Moro, Sabtu (23/10/2021).

BACA JUGA: Dinsos Karimun Serahkan 196 Paket Sembako untuk Pasien Covid di Kundur

Penyerahan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) terdampak pandemi Covid 19 ini, dipusatkan di Gedung Sri Baiduri. Tampak hadir, Kepala Dinas Sosial Syahruddin didampingi Kasie Kessos Kecamatan Moro, Suryani, dan Pendamping BPNT Moro Halim.

Untuk Kecamatan Moro tercatat sebanyak 299 keluarga penerima KKS. Bantuan ini merupakan bentuk perhatian pemerintah terkait kondisi masyarakat yang serba sulit, dan memprihatinkan akibat Covid 19.

Menurut Kadinsos Syahruddin, saldo KKS yang ditransfer dari Kemensos bisa dicek oleh penerima melalui agen yang telah ditunjuk di masing-masing kelurahan/desa. Jika saldo sudah diterima, KPM bisa langsung menukarkannya dengan sembako berupa beras, daging, telur.

“KPM tidak bisa mencairkan saldo dalam bentuk uang, melainkan sembako saja,” ingat Syahruddin.

Sementara Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) atau Pendamping BPNT Moro Halim menambahkan, pendistribusian KKS terdampak pemberlakuan PPKM diawali untuk Kelurahan Moro, dan Kelurahan Moro Timur, Desa Jang, Pauh, dan Desa Pulau Moro.

“Selesai pendistribusian KPM di dua kelurahan dan tiga desa, kami selanjutnya bergerak ke tujuh desa lain yang ada di Kecamatan Moro. Total ada dua kelurahan dan 10 desa di Kecamatan Moro,” beber Halim.

Bagi KPM bisa mengecek saldo yang ditransfer sebesar Rp600 ribu. Artinya bantuan KKS yang pertama adalah untuk bulan Juli-September.

“Begitu saldo sudah diterima, KPM bisa langsung menukarkannya dengan sembako. Bantuan KKS terdampak Covid hanya berlangsung hingga Desember,” ujar Halim.

KPM yang ada di Kecamatan Moro merupakan hasil pendataan yang dikirimkan oleh Kemensos. Data yang ada pun akan diverifikasi dan divalidasi ulang dengan melibatkan pihak kelurahan/desa. (*)

Reporter: Ichwanul F
editor: tunggul