Karimun

Layani Jasa Perbankan, Pemkab Karimun MoU dengan Bankriaukepri

batampos.id- Pemerintah kabupaten Karimun melakukan tiga Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Bankriaukepri dalam jasa perbankan yang sudah terintegrasi dengan sistem informasi pemerintah daerah. Sehingga, sangat membantu dalam pelayanan perbankkan di lingkungan pemerintah kabupaten karimun nantinya.

BACA JUGA: Ayo Manfaatkan Kesempatan, Pelaku UMKM Bisa Ajukan Pinjaman Dana di Bank RiauKepri, Bunga Ditanggung Pemerintah

” Ada tiga yang kita lakukan MoU dengan PT Bankriaukepri. Yaitu, jasa layanan perbankan, kemudian kerjasama Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah serta tentang asuransi jual beli dengan BPR Karimun,” terang Bupati Karimun Aunur Rafiq, Senin (25/10).

Dengan kerjasama atau MoU dan sudah terintegrasi dengan sistem informasi pemerintah daerah bisa meningkatkan transaksi perbankan baik itu di lingkungan pemerintah daerah Karimun maupun masyarakat umum. Terutama, diharapkan untuk pemberian kredit bagi pelaku UMKM oleh pihak Bankriaukepri.

” Di Karimun ada 6.000 pelaku UMKM. Jadi saya harapkan, kepada Bankriaukepri untuk program KUR maupun bantuan kredit modal usaha bagi UMKM masih sangat kecil sekali dalam penyalurannya,” harapnya.

Sementara itu Direktur dana dan jasa PT Bankriaukepri MA Suharto mengungkapkan, MoU dengan Pemkab Karimun ada tiga yaitu tentang pengelolaan keuangan rekening kas daerah Pemkab Karimun antara BPKAD Pemkab Karimun dengan Bankriau Kepri, serta Penandatanganan AJB peralihan saham pada PD BPR Karimun antara Bankriaukepri dengan Pemerintah kabupaten Karimun.

” Perlu saya sampaikan, bahwa Kabupaten Karimun merupakan agen laku pandai terbanyak se Bankriaukepri. Ada 66 agen dengan jumlah nasabah 3.698, dengan saldo mencapai Rp 1,3 miliar,” terangnya.

Melalui layanan jasa perbankan, merupakan bentuk dukungan Bankriaukepri sebagai bank milik daerah kepada Pemerintah kabupaten Karimun untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi kapan saja dan dimana saja. Mengingat, Elektronifikasi transaksi Pemerintah Daerah (ETPD), CMS (Cash Mgmt System) Bankriaukepri untuk sisi pembelanjaan yang berintegrasi sistem informasi pemerintah daerah (SIPD).

Sehingga, pengelolaan informasi pembangunan daerah, dan informasi pemerintah daerah lainnya dapat dilakukan secara Cashless sehingga menjadi lebih efektif , lebih efisien, dan lebih akuntable. Sebagai informasi, untuk penerapan CMS di lingkungan pemerintahan Provinsi Riau dan Kepri, Kabupaten Karimun merupakan salah satu yang terbaik karena penerapan CMS sudah 100 persen.

” Sekarang kita ada aplikasi baru yaitu Quick Response Code Indonesian Standart QRIS, yang mana sistem pembayaran menggunakan QR code dari Bank Indonesia agar proses transaksi menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya. Sebagai transaksi pembayaran non tunai di masa pandemi Covid-19 bisa dipergunakan oleh pemerintah daerah untuk transaksi lebih mudah,” ungkapnya.

Dan terakhir, bankriaukepri menorehkan prestasi top BUMD dan top CEO BUMD untuk Dirut Bankriaukepri Buchari. Kemudian, top pembina BUMD 2021 untuk Gubernur Riau Syamsuar dan Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad. Selanjutnya, Bank Riau Kepri juga meraih penghargaan dengan predikat excellent dari Infobank dan perdikat pertama sangat baik atau Excellent untuk UUS Bankriaukepri.

” Bankriaukepri akan terus mendukung Pemkab Karimun dalam pengelolaan keuangan daerah, melalui program layanan jasa perbankan yang bisa meningkatkan pendapatan asli daerah Karimun,” ucapnya. (*)

Reporter : TRI HARYONO
Editor : tunggul