Sport

Psikolog Olahraga Jadi Rahasia Sukses Juara Quartararo

Rider Monster Yamaha asal Prancis Fabio Quartararo. (F. Andreas Solaro/AFP)

batampos.id – Gelar juara dunia MotoGP 2021 menjadi milik pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo. Gelar itu menjadi bukti kalau pembalap Prancis ini jauh lebih matang dibanding musim lalu. Dia menyebut ada bantuan tim psikolog olahraga yang membuatnya bisa seperti itu.

“Kalau diingat-ingat, sepanjang musim ini bisa dibilang aku tidak pernah sangat marah,” ucap Quartararo kepada Motorsport.

Orang Prancis pertama yang berhasil menjadi juara dunia MotoGP itu menambahkan, kontrol emosi yang jauh lebih terkendali sangat membantunya untuk menyelesaikan setiap masalah. Dia mengakui kalau semua itu berkat seringnya berkonsultasi dengan psikolog olahraga sepanjang jeda musim dingin lalu.

Pembalap 22 tahun itu bercerita, musim lalu saat motornya tidak bekerja maksimal di Valencia, dia datang ke paddock dengan sangat emosi usai balapan. Saking emosinya, saat itu dia malah tidak bisa menjelaskan secara detail ke para kru terkait yang dia rasakan saat menggeber motor di lintasan. Hasilnya, tim mekanik malah tidak bisa menemukan problem sebenarnya.

BACA JUGA: Yamaha Finis 1-2, Quartararo Selebrasi Main Golf

“Saat kamu marah, kamu tidak bisa menjelaskan apa sebenarnya yang menjadi masalahmu. Tapi ketika kamu tenang, kamu bisa berfikir jernih. Seburuk apapun kondisinya, kamu harus tenang. Setelah itu kamu pasti mendapat jalan keluar,” jelas Quartararo.

Ketenangan itu yang membawa Quartararo begitu konsisten musim ini. Dari 16 balapan yang sudah berjalan, dia meraih sepuluh podium. Lima di antaranya adalah podium pertama. Di balapan lainnya, meski tak podium, dia tetap selalu berhasil meraih poin.

Ini jauh berbeda dari performanya musim lalu. Memasuki enam balapan terakhir dia masih memimpin klasemen pembalap. Tapi, saat itu performa Quartararo malah anjlok hingga akhirnya hanya finis di posisi delapan pada akhir musim. (*)

Reporter: Jpgroup
Editor: Ryan Agung