Total Football

Barca Beri Perlindungan Esktra untuk Koeman

Pelatih Barcelona Ronald Koeman. (F. Lluis Gene/AFP)

batampos.id – Insiden teror fans kala mengerubungi mobil entrenador Ronald Koeman sepulang dari Camp Nou (24/10) tak bisa didiamkan oleh FC Barcelona. Selain mengecam ulah suporter tersebut, Barca pun melakukan tindakan nyata untuk memberikan proteksi lebih kepada Koeman.

Seperti dilansir Diario AS dan Mundo Deportivo kemarin (26/10), Barca telah mengidentifikasi para fans tersebut berdasar rekaman CCTV di sekitar area stadion. Hasilnya adalah mereka yang menggedor kaca dan pintu mobil, termasuk tentunya cacian dan ludahan, itu adalah fans-fans yang masih muda.

”Mereka (para fans muda) itu sepertinya bukan para fans loyalis yang tentunya sangat mencintai klub dan semua bagian di dalamnya termasuk pemain maupun pelatih. Mereka juga diragukan menonton laga sebelumnya (El Clasico, red) karena selama pertandingan tidak ada teror untuk Koeman,” beber Mundo Deportivo mengutip sumber di internal Barca.

Barca pun akan memperbaiki sistem keamanan mereka sehingga kejadian serupa tidak terulang. Seperti melibatkan dua badan keamanan, Guardia Urbana dan Mossos d’Esquadra, untuk memberikan perlindungan ekstra kepada Koeman maupun pemain Barca di luar lapangan.

BACA JUGA: Tanpa Messi, Barcelona Raih Trofi Joan Gamper

Insiden yang dialami Koeman memang terjadi di luar lapangan. Alhasil, hal itu tidak menjadi tanggung jawab para petugas keamanan untuk pertandingan di Camp Nou.

Menanggapi teror yang dialaminya, Koeman berharap ada edukasi untuk suporter. ”(Karena) ini seperti masalah sosial. Bahkan, pemain seperti Carles Puyol (mantan kapten Barca, Red), yang tentunya disayangi fans, juga pernah mengalaminya,” ucap pelatih berjuluk Tintin itu kepada Marca.

Terlepas Barca bermain tandang melawan Rayo Vallecano dalam lanjutan La Liga dini hari nanti (siaran langsung beIN Sports 1 pukul 00.00 WIB), perlindungan terhadap Koeman tetap jadi atensi Barca. (*)

Reporter: Jpgroup
Editor: Ryan Agung