Metropolis

Ibu Ibu di Kelurahan Tanjunguncang Dilatih Buat Aneka Olahan Berbahan Ikan

RT RW , ibu PKK, LPM, Majelis Taklim, Warga dan Masyarakat saat mengikuti pelatihan dan praktek pembuatan nugget ikan tenggiri di RW 09 perumahan TPI, Tanjunguncang, Batuaji.

batampos.id-Kelurahan Tanjunguncang Batuaji melakukan pelatihan
pembuatan produk eneka olahan berbahan baku ikan di lingkungan Kelurahan Tanjunguncang, Kecamatan Batuaji, Selasa (26/10). Kegiatan ini berlangsung di Posyandu Taburosi RW 09 perumahan Taman Pesona Indah (TPI) yang dimulai dari pukul 08.00 sampai 11.00 Wib.

BACA JUGA: 70 Pelatih Panahan di Kepri Diberi Pelatihan Tingkat Dasar

“Setiap tahun PKK, RT/RW, Kader Posyandu, LPM, Majelis Taklim, warga serta masyarakat Tanjunguncang diberikan pelatihan melakukan pemberdayaan untuk meningkatkan ekonomi kemasyarakatan. Nanti warga membentuk kelompok dibina kelurahan dan diajukan ke Dinas Perikanan Kota Batam”, ujar Kasi PPM dan Kesra Kelurahan Tanjunguncang, Erfa Yuliana, S.Kom.

Masih kata Lina, nama panggilan ibu berhijab ini, saat ini yang ikut pelatihan berjumlah 145 orang tergabung dari RT/RW, perangkat posyandu, ibu PKK, karang tarun a dan warga. Setalah dilatih nanti warganya akan dibentuk poklbsarnya dan warga akan mendaftar ke kantor Lurah setelah itu pihak Keluarahan
mendaftarkan ke Dinas Perikanan Kota Batam.

Sekretaris Kelurahan Tanjunguncang, Raja Febri Anugrah Putra, S.STP berharap peserta pelatihan bisa membentuk poklbsarlah. Apalagi bahan baku yang dibuat dari ikan. Batam ini lautan yang sangat luas sayang bila dilewatkan momen ini. ”Bila ibu-ibu atau bapak-bapaknya serius dan benar-benar minat pasti saya yakin bisa membentuk poklabsar dan akan jadi usahanya,” katanya Raja, nama panggilan Seklur tersebut.

Nani, selaku pembicara dari Polabsar Bougenville, Tiban Lama mengatakan, pelatihan ini tujuannya menambah ilmu dan bekal agar ibu-ibu bisa memberikan kesehatan bagi anak-anaknya dan bisa membantu ekonomi rumah tangga jangan berharap dari suaminya saja. ”Dari pada merumpi saja lebih baik kita mengambil peluang ini. Nanti hasilnya bisa membeli baju anak bisa menjaga kesehatan anak karena dengan vitamin protennya tinggi berupa ikan yang kita olah.

Dan gratis pelatihan ini dari pemerintah dan dapat bantuan modal dan bisa ditanyakan langsung kelurahan seperti apa aturan mainnya,” tuturnya. Katanya, dirinya juga mengajarkan cara pembuatan nugget ikan tenggiri bahan dari ikan laut.
Leni Marlina selaku kasi sarana dan prasarana produk Perikanan Dinas Perikanan Kota Batam mengatakan memiliki Polabsar dan sudah memberi pelatihan dan memiliki 150 kelompok pengolahan dan pemasaran hasil perikanan yang bernaung di bawah Dinas Perikanan Kota Batam.

Salah satunya Nani yang sudah bisa memberikan ilmunya atau menjadi pembicara dan dipraktek kepada ibu-ibu PKK, kader Posyandu di Tanjunguncang ini. ”Salah satunya hasil produknya polabsaar yang ada di pasaran yaitu poduk makmil, Azzuri Bengkong, kerupuk atom ikan dan zafi,” tuturnya. ”Kelurahan Tanjunguncang yang membuat kegiatan ini kita dari Dinas Perikanan menyediakan pembicaranya dan mendukung,” ujarnya lagi. (*)

Reporter : Dalil Harahap
Editor : Tunggul