Sport

Jalankan Regenerasi Skuad Patriots

Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih. (F. Perbasi)

batampos.id – Sama seperti musim 2021, Indonesia Patriots akan ambil bagian dalam Indonesian Basketball League (IBL) 2022. Tim yang berisi nama-nama penggawa timnas itu akan tampil berbeda daripada musim lalu. Ada nama baru di tim tersebut.

Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih mengungkapkan, hal itu dilakukan sebagai langkah regenerasi atlet. ”Tim ini dibentuk untuk memberikan lebih banyak pilihan pemain bagi timnas senior. Materi pemain timnas kami ambil dari daerah, lalu coach (Rajko) Toroman melihat pemain yang bisa dipakai timnas,” kata Danny.

Pemain Patriots musim 2021 tetap bermain di IBL. Mereka disebar ke klub-klub. Nanti mereka juga memperbanyak pengalaman kompetisi di klub masing-masing. Pemain yang sudah mendapat klub tidak akan ”diganggu” untuk masuk Patriots.

”Tiap tahun ada pemain baru timnas. Tujuannya, lebih banyak pemain yang bisa dijajal untuk timnas,” ujar Danny. ”Jadi, kami tidak membentuk tim yang bagus. Melainkan menyediakan pemain-pemain yang bagus,” tambah eks manajer tim Satya Wacana Salatiga itu.

BACA JUGA: Dewa United Incar Final IBL 2022

PP Perbasi berencana menghidupkan kompetisi daerah. Dalam rangka ulang tahun ke-70, mereka akan menggelar program Basket Indonesia Bergerak. Rencananya, agenda itu digulirkan di 80 kota. Perbasi bakal memberikan dukungan kepada daerah yang menggelar event tersebut.

”Pelaksanaannya Jumat–Minggu selama minimal tiga bulan sehingga waktu bermain cukup banyak,” tutur Waketum Bidang Pembinaan dan Prestasi Perbasi George Dendeng. ”Syarat lainnya, satu kota diikuti 10 tim dengan usia atlet di bawah 22 tahun. Lalu, tiap tim melibatkan 12 atlet,” kata George. (*)

Reporter: Jpgroup
Editor: Ryan Agung