Internasional

KTT ASEAN 2021 Dimulai Tanpa Perwakilan Myanmar

Ilustrasi ASEAN

batampos.id – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2021 resmi dimulai tanpa kehadiran perwakilan Myanmar dari junta militer, Min Aung Hlaing di Brunei Darussalam, Selasa (26/10/2021).

Ketidakhadiran Myanmar ini sangat jarang terjadi, mengingat negara SEA dikenal sebagai kelompok yang menganut prinsip non-blok. Padahal, Myanmar sudah diundang dengan catatan perwakilan dari non-politik.

Namun, pada Senin (25/10/2021) malam, Myanmar menyatakan pihaknya tak menyetujui kepala negara atau perwakilan menteri untuk hadir di KTT tersebut. Hal ini mengindikasikan bahwa kursi perwakilan Myanmar kosong di dalam KTT.

Keputusan mengecualikan Min Aung Hlaing diambil para menteri luar negeri anggota ASEAN pada 15 Oktober lalu. Kepala junta militer Myanmar itu dianggap gagal menerapkan rencana perdamaian ASEAN untuk Myanmar, termasuk mengakhiri permusuhan, memulai dialog, mengizinkan bantuan kemanusiaan dan memberikan akses penuh bagi utusan khusus di negara itu.

Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik (AAPP) mencatat, sejak menggulingkan pemerintah sipil Aung San Suu Kyi pada 1 Februari lalu, militer Myanmar telah membunuh lebih dari seribu dan menangkap lebih ribuan warga. (*)

Reporter: Chahaya Simanjuntak
Editor: Tunggul Manurung