Metropolis

Pasien Covid-19 Sudah Kosong, RSUD Batam Kembalikan Fungsi Gedung Tun Sendari Terpadu jadi Penanganan Pasien TB dan Paru

Sri Rupiati. (F. Yulitavia/Batam Pos)

batampos.id– Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah Batam di Batuaji mulai mengembalikan fungsi gedung Tun Sendari Terpadu sebagai gedung untuk menangani pasien TB dan Paru. Itu karena gedung tersebut sudah kosong dengan pasien Covid-19 selama dua pekan terakhir.

BACA JUGA:  Covid Mereda, RSUD M Sani, Karimun Kembali Buka Lantai 6  jadi Ruang Rawat Inap

Seperti diketahui selama pandemi Covid-19 mewabah, RSUD yang ditunjuk sebagai rumah sakit yang menangani pasien Covid-19 menggunakan gedung untuk perawatan pasien yang menderita penyakit infeksi itu sebagai gedung penanganan pasien Covid-19. Selama dua tahun gedung ini selalu diisi oleh pasien Covid-19. Kini Covid-19 telah melandai dan tak ada lagi pasien baru sehingga manajemen mengembalikan fungsinya.

“Kita kembalikan sesuai fungsi awalnya untuk penanganan pasien TB dan Paru. Saat ini beberapa pasien TB dan Paru di ruangan Flamboyan (ruangan rawat inap) dan akan kita pindah ke Tun Sendari. Tidak semua, sebagiannya (ruangan di gedung Tun Sendari Terpadu) tetap kita siagakan, mana tau ada pasien Covid-19 baru nanti,” ujar Wadir Pelayanan Medik RSUD Sri Rupiati, Kamis (28/10).

Begitu dengan petugas medis yang selama ini menangani pasien Covid-19, kini kembali aktif menangani pasien infeksi lainnya seperti TB dan Paru tadi. Merekapun bernapas lega sebab kekuatiran akan terjangkit Covid-19 sudah berakhir.
“Kita berharap tak ada lagi (pasien Covid-19), makanya tetap patuhi protokol kesehatan yang ada,” imbau Sri. (*)

Reporter: Eusebius Sara
editor: tunggul